Ada Tips nya rekan BA ers :

1. kalo anda ditilang di jalan sebenernya ada dua pilihan  form biru dan
form merah.

2. Form biru adalah kalo anda terima kesalahan  (artinya anda gak perlu
berdebat ama hakim). Dgn form ini anda bayar dendanya di BRI yg ditunjuk,
abis
bayar denda resmi ke BRI, ambil SIM ato STNK yg disita ke kantor
Ditlantas POLDA Metro di Pancoran, gedung baru, sebelum Gelael arah
cawang. Disini ada ruang khusus loket Tilang, ruang tunggu nyaman
ber-AC, dengan hiburan SateliteTV ........... hehehehhe..... nnnddeesssoooo

3. Form merah artinya kita gak terima kesalahan  dan dikasi kesempatan
untuk berdebat ato minta keringanan ama hakim. Biasanya tanggal sidang
adalah maksimum 14 hari dari tanggal kejadian, tergantung hari sidang
Tilang di PN (Pengadilan Negeri) bersangkutan. Contoh sy ditilang di
Kuningan, berarti sidang di PN Jaksel, jl ampera, disini sidang tilang
setiap selasa. Nah oleh polisi, barang sitaan (SIM or STNK) akan disetor
ke kantor Ditlantas pancoran itu sampai dengan H-1 tanggal sidang. Jadi
selama masih di pancoran SIM/STNK itu bisa ditebus tanpa sidang ke PN,
cukup ke loket yg gue sebutin tadi, serahin form merah, bayar dendanya,
SIM/STNK balik dengan sukses.

4. H-1 tgl sidang dan seterusnya, SIM/STNK udah dikirim ke pengadilan
sesuai daerah perkara, jadi kudu ditebus di PN masing2

5. Kalo pengen hadir sidang, dateng sesuai tanggal sidang yang tertera
di surat Tilang ke PN yg ditunjuk. Tapi ini gak sy saranin. Kenapa ?
karena antreannya luarbiasa banyak, kita gak punya kesempatan bertemu
hakim, karena sidangnya sebenarnya IN ABSENTIA, dan banyak banget CALO
yg nawarin bantuan. Mending enggak deh

6. Lebih baik cuekin aja tanggal sidang, ambil SIM/STNK terserah anda di
hari lain, hindari hari sidang tilang biar gak rame, terus langsung tuju
Loket khusus Tilang yang ada di masing2 PN. Tunjukin form merahnya,
dalam 5 menit SIM/STNK udah di tangan anda dengan bayar denda resmi.
Sebelumnya cermati berapa denda resminya, biar gak dilebih2in ama
petugasnya . Contoh nih, sy tahu
denda masuk jalur cepat ( naik motor) Rp.15000, petugasnya bilang
Rp.25600, dikasi angka 600 seolah2 itu perhitungan rumus2 njelimet,
padahal akal2an aja biar ada yg masuk kantong dia. sy kasi uang bulet
15.000 dia diem aja kok..hehe

7. Udah ngerti kan. jadi intinya : jangan sekali2 damai ama polisi di
jalanan, tilang mah tilang aja, pilih prosedur sesuai tips diatas, gak
usah sidang kalo gak pengen bete, cuekin calo2 yg nawarin bantuan, bayar
denda sesuai tarif resmi. Semua ini demi INDONESIA yg bersih dan
berwibawa gemah ripah loh jinawi...hehehehe

semoga manfaat ......

thks BA ers

bayuwardhana

On 11/29/07, iKa Nurlistiyo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> hehe...lucu juga tuh polisi..
> crita juga yak,aku ma misua kena tilang di perempatan cempaka mas.pakpolisi
> nyebutin kesalahan kami :
> 1. Pak polisi nuduh misua gak pake seatbelt,dan baru pake setelah ada
> blio.
> 2. Pak polisi nuduh misua ngelanggar lampu merah
> 3. Aku gak pake seatbelt.
>
> Untuk no 1&2 aku n misua ngotot,soale :
> 1. Misua dah pake seatbelt semenjak keluar rumah
> 2. Wong pak polisi yg nyuruh mobil jalan terus pake gerakan tangan
>
> tapi pak polisi bilang gini,"bapak harusnya liat lampu lalin dong,jangan
> [...]

Kirim email ke