Kemaren aku disodorin 2 macam perjanjian yang bisa dipilih yaitu exclusive
dan non exclusive. Exclusive tu berarti kita  mengikat diri cuma menjual
rumah itu melalui broker property tsb, jadi enggak ada pihak lain yang kita
mintain tolong (mungkin sodara, tetangga,terman etc). Kalo non ekslusif
berarti pihak lain masih boleh ikut menjualkan. Saya ambil yang ekslusif dgn
pertimbangan enggak mau ada pihak2 lain yang ikut jualin dan akhirnya udah
jadi agen gak jelas darimana ntar ikut nge-klaim fee kan repot.( Klo gak
salah inget,  kalo ambil yang ekslusif trus nanti ada deal dari pihak lain
kita tetep bayar fee ke broker tp klo ambil yang non kita engak wajib bayar
fee. baca aja kontraknya biar enggak keliru)....Waktu itu kontraknya jangka
4 bulan, kalo enggak terjual juga terserah pemilik mau nerusin nyerahin ke
broker tsb ato cari agen property lain. Alhamdulillah sih dalam sebulan udah
terjual. Jadi enggak sempet nanya kalo nerusin ada biaya atawa enggak. Kalo
emang mau pke  property broker,  coba bandingkan aja 1 - 2 broker (kemaren
saya  pake Ray White)  saya siy karena mepet waktunya enggak sempat
mbandingin dengan yang lain (ERA atau yang lain) jadi enggak tau apa fee-nya
sama/beda. Setelah deal enggak mau nanya2 lagi kuatir ada yang lbh murah
feenya ntar gumun. he he he
Kos-kosan kok dijual. kan udah jalan, enak tuh pasive income..

Selamat ber-broker hunting ria....

Pada tanggal 30/11/07, Inne Roosyanne <[EMAIL PROTECTED]> menulis:

> Terima kasih infonya mom Sintia, nanti kita akan rembukan lagi dech. Benar
> juga ya... kita jadi tidak repot wara-wiri dan penbayaran fee nya jelas :D
> Jangka waktu kontrak dengan broker biasanya berapa lama sih?
> Terus apakah ada keterikatan dengan broker, misalnya ternyata ada yg
> 'deal'
> langsung dgn pemilik tanpa melalui broker apakah tetap harus membayar fee?
> Oh iya asset yg akan dijual adalah tanah dan bangunan yg terletak di
> Purwokerto, tepatnya dibelakang UNSUD (Universitas Sudirman) dan sudah ada
> [...]

Kirim email ke