bisu adalah saah satu bentuk infeksi kulit yg disebabkan oleh kuman2.
bisul bs juga tjd bila anak laergi th protein tinggi... dulu aku alergi klo sma
telur puyuh... klo makan telur puyuh pasti bisulan.:-)

lengkapnya baca ini yaaa

soga membantu

www.medicastore.com/cybermed/detail_pyk.php?idktg=14&iddtl=343

NAMA
Follikulitis, Bisul & Karbunkel

DEFINISI
Folikulitis

Folikulitis adalah peradangan pada selubung akar rambut (folikel).
Penyebabnya adalah infeksi oleh bakteri stafilokokus.

Folikulitis bisa terjadi di bagian kulit manapun, biasanya merupakan akibat
dari kerusakan folikel rambut karena:
- bergesekan dengan pakaian
- penyumbatan folikel rambut
- pencukuran.

Pada kulit yang terkena akan timbul ruam, kemerahan dan rasa gatal.
Di sekitar folikel rambut tampak beruntus-beruntus kecil berisi cairan yang
bisa pecah lalu mengering dan membentuk keropeng.

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala-gejalanya.
Untuk memastikan bahwa penyebabnya adalah stafilokokus, bisa dilakukan
pembiakan contoh jaringan yang terinfeksi di laboratorium.

Kompres hangat bisa mempercepat pengempesan folikulitis.
Untuk mengendalikan infeksi, bisa diberikan antibiotik (salep maupun kapsul).

Bisul

Bisul (furunkel) adalah infeksi kulit yang meliputi seluruh folikel rambut dan
jaringan subkutaneus di sekitarnya.
Penyebabnya adalah bakteri stafilokokus, tetapi bisa juga disebabkan oleh
bakteri lainnya atau jamur.

Paling sering ditemukan di daerah leher, payudara, wajah dan bokong.
Akan terasa sangat nyeri jika timbul di sekitar hidung atau telinga atau pada
jari-jari tangan.

Furunkel berawal sebagai benjolan keras berwarna merah yang mengandung nanah.
Lalu benjolan ini akan berfluktuasi dan tengahnya menjadi putih atau kuning
(membentuk pustula).
Bisul bisa pecah spontan atau dipecahkan dan mengeluarkan nanahnya, kadang
mengandung sedikit darah.

Bisa disertai nyeri yang sifatnya ringan sampai sedang.
Kulit di sekitarnya tampak kemerahan atau meradang.
Kadang disertai demam, lelah dan tidak enak badan.

Jika furunkel sering kambuhan maka keadaannya disebut furunkulosis.

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala-gejalanya.
Pembiakan contoh jaringan kulit bisa dilakukan untuk memastikan bahwa
penyebabnya adalah stafilokokus.

Jika bisul timbul di sekitar hidung biasanya akan diberikan antibiotik per-oral
(melalui mulut) karena infeksi bisa dengan segera menyebar ke otak.

Karbunkel

Karbunkel adalah sekumpulan bisul yang menyebabkan pengelupasan kulit yang luas
serta pembentukan jaringan parut.
Penyebabnya adalah bakteri stafilokokus.

Pembentukan dan penyembuhan karbunkel terjadi lebih lambat dibandingkan bisul
tunggal dan bisa menyebabkan demam serta lelah karena merupakan infeksi yang
lebih serius.

Lebih sering terjadi pada pria dan paling banyak ditemukan di leher bagian
belakang.
Karbunkel juga cenderung mudah diderita oleh penderita diabetes, gangguan
sistem kekebalan dan dermatitis.

Beberapa bisul bersatu membentuk massa yang lebih besar, yang memiliki beberapa
titik pengaliran nanah.
Massa ini letaknya bisa lebih dalam di bawah kulit dibandingkan dengan bisul
biasa.

Infeksi ini menular, bisa disebarkan ke bagian tubuh lainnya dan bisa
ditularkan ke orang lain. Tidak jarang beberapa orang dalam sebuah rumah
menderita karbunkel pada saat yang sama.
Faktor resiko terjadinya karbunkel adalah:
- tingkat kebersihan yang buruk
- keadaan fisik yang menurun
- gesekan dengan pakaian
- pencukuran.

Pada kulit yang terkena ditemukan beberapa bisul yang bersatu disertai nyeri
yang sifatnya ringan atau sedang.
Kulit tampak merah dan membengkak. Karbunkel yang pecah akan mengeluarkan nanah
lalu mengering dan membentuk keropeng.

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala-gejalanya.
Untuk menentukan penyebabnya, bisa dilakukan biopsi atau pembiakan contoh
jaringan yang terinfeksi.

Untuk mengendalikan infeksi diberikan sabun anti-bakteri, antibiotik topikal
(salep atau krim) dan antibiotik per-oral.

Kompres hangat bisa membantu mempercepat penyembuhan. Jangan pernah memencet
atau mencoba memecahkan karbunkel di rumah, karena bisa memperburuk dan
menyebarkan infeksi.
Jika nanahnya sudah mengering, luka yang tertinggal harus sering dibersihkan
dan sesudah menangani karbunkel, tangan harus dicuci bersih-bersih.

PENCEGAHAN
Menjaga kebersihan kulit dengan sabun cair yang mengandung zat anti-bakteri
merupakan cara terbaik untuk mencegah terjadinya infeksi atau mencegah
penularan.

http://www.sehatgroup.web.id/review.asp?id=30
Bisul
Question :Dear dr. wati & SP..Pagi tadi Bisul shafa 2 benjolan (kebetulan
berjajar) sempat keluar nanah banyak sekali. saya coba bersihkan dengan air
hangat cuman kok nanahnya terus keluar bercampur sedikit darah, yang saya heran
kok nanahnya gak habis2 sampe' anaknya nangis terus (gak tega juga ngeliatnya).
Mohon saran dr. wati & SP treatment apa yang hrs dilakukan saat ini, darah
masih keluar & sptnya nanahnya sebagian masih didalam. eyangnya sich suruh
kasih salep"fuladic" cuman saya masih belum yakin sementara ini masih dikompres
air anget aja. thank's b4.
Salam,
Ninik - mamanya Shafa
Answer 1 : Mbak Ninik,
Memang kalo bisul sudah pecah, keluar nanah campur darahnya banyak
sekali,sekali pencet bisa berkali-kali keluar. nanti akan berhenti. setelah
berhenti bukan berarti hilang atau habis nanahnya, tapii biasanya akan keluar
lagi, sampai benar-benar habis. Waktu itu saya bisulan kalau sudah pecah, yang
penting selalu dibersihkan aja nanahnya, nggak pakai obat apa-apa, karena
ngasih salep hitamnya pas sebelum bisul pecah.Waktu itu anak saya umur 5 bulan
terkena bisul di kepala 3 biji. sebelum pecah, saya bawa aja ke dsa dan sama
dsa dirujuk ke poli bedah, saat itu juga bisulnya disayat dan dikeluarkan
isinya, kemudian dibersihkan.Lukanya kecil sih..kayak kebeset pisau
aja...(walaupun anak saya sampe nangis kejer banget waktu itu..)Dan dsa juga
tidak meresepkan obat apa-apa ke anak saya. Cuma memang diperban seharian nggak
boleh dicopot, dan perban nya dibuka pun dibawa ke RS lagi (kontrol), setelah
dicek lukanya sudah mengering, tidak perlu pakai perban lagi. alhamdulillah
 sampai sekarang anak saya sudah 2 th belum pernah kambuh bisulannya.
semoga membantu
resti
Answer 2 :Mbak,anakku waktu baru umur 10hr bisulan besar banget di dada kiri,
saya bawa ke dsa-nya di suruh kompres pake rivanol sampe pecah, kalo udah pecah
jg kompres terus biar benar2 bersih, soalnya kalo nggak bersih kapan2 itu bisul
bisa muncul lagi. Oh ya waktu itu dikasih jg salep tp lupa namanya, plus obat
puyer yg diminum untuk bersihin bagian dlm, saya waktu itu awam, blum gabung
milist jadi manut aja, nggak tanya2 kandungan puyernya apa.
dyah
Answer 3 : NINIK - BISUL
Bisul kalau cuma satu biasanya gak bikin demam. Biasanya sih cukup betadine
salep ajaKedua, kalau dapat puyer: HITUNG JUMLAH BARIS DI PUYER, ITU AKAN
MENCERMINKAN JUMLAH OBAT. KALAU BISUL DAPAT LEBIH DARI 1 OBAT, SDH TDK
RASIONAL.Minta disalin resepnya ke asisten apoteker. Arsip di file anak.Gak lah
gak nyebar kecuali anak kita daya tahan tubuhnya sangat rendah seperti HIV,
tengah mengkonsumsi obat immunosuppresive karena pasca transplantasi, dl
RIA - bufacort ada steroidnya, kalau bisul karena bakteri cukup salep
antiseptik, maksimal salep antibiotika
wati

http://www.iwandarmansjah.web.id/forum.php?m=view&id=1417
Iwan D    posted 07/07/2006 09:37:37
Bisul disebabkan kuman (tertentu). Perlu diobati dg antibiotik (oral cukup),
tapi jenis tertentu ialah terbaik, yaitu Dicloxacilline atau Flucloxacilline 3
kali 500 mg (oarang dewasa) utk 4-5 hari.
Evi    posted 06/07/2006 12:14:06
Selamat siang Prof.
Untuk mengobati bisul supaya tidak makin meradang atau pecah sebaiknya dgn
salep apa ya Prof ?

Thanks.

Rgds,
Evi

http://cybermed.cbn.net.id/konsulnut2.asp?nomoract=715
Bisul
Tuesday, 16 May 2006
Hanna --- Kendari
anak saya bisulan dikepala bagian belakang sudah byk dokter yang tangani tapi
katanya alergi makanan, mohon saran dan petunjuk karena sejak kecil usia 1
bulan sudah bisulan, terima kasih
Jawaban:
Biasanya bila alergi seperti itu hindarilah telur atau udang, atau seafood
lainnya. Walau sudah sembuh jangan diberi lagi makanan yg bisa menimbulkan
bisul tsb, Anda pasti tahu kira-kira makanan seperti apa yang harus dipantang.
Oke Ibu semoga lekas sembuh yaa

rusmina <[EMAIL PROTECTED]> wrote: moms en dads,

Dah pernah dibahas belum??
sebenarnya penyebab bisulan itu apa sih?
Arionku (8,5 bln) koq muncul bisul satu di punggung atasnya??
Bisulnya itu membuat badannya agak demam dan rewel
kira2 apa yah obatnya

terima kasih untuk pencerahannya

salam,
rusminamamanyaarion

Regards,
Uci mamaKavin+Ija
http://oetjipop.multiply.com

Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di bidang Anda di Yahoo!
Answers

Kirim email ke