To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Monday, December 10, 2007 11:13 AM
Subject: Re: [balita-anda] Cuti Hamil

Hi Melisa,

Sudah berapa minggu usia kandungan sekarang, Mel?
Saya juga termasuk yang cuti melahirkan selalu 'mepet' alias 39 minggu
sekian hari :)

Kalau memang kondisi kehamilan OK dan normal (sudah konfirmasi dengan DSOG)
and peraturan di kantor mengizinkan, kayaknya nggak apa-apa.
Ada juga sisi positifnya: masih 'sibuk' kerja, kita jadi sering bergerak,
waktu jadi nggak kerasa sampai 'due date' melahirkan dan nanti waktu bersama
sang baby jadi lebih lama.
Kalau dulu mengandung Max di usia 38 minggu sudah pecah ketuban, extra
perhatian aja pas mendekati usia kandungan ke-38 minggu nanti.  Bisa jadi
berulang kejadian serupa, tapi bisa juga nggak.  Kalau memang dulu ketuban
pecah karena memang faktor kelelahan, berarti di kehamilan sekarang
intensitas aktivitasnya agak lebih di-rem.  Antisipasi aja, jangan sampai
ketuban pecah di usia kandungan < 37 minggu.

Untuk masalah pakai kendaraan motor, mungkin kalau bukan yang mengemudi dan
very extra hati-hati, masih memungkinkan. Tapi kalau tugas 'wira-wiri' di
area kantor/pabrik bisa digantikan yang lain dulu untuk sementara, lebih OK lagi dong :) Intinya, (calon) ibu yang tahu pasti juga kondisi tubuhnya saat
hamil sekarang, dan jangan coba dipaksa kalau memang kecapaian atau ada
sedikit yang nggak normal dari biasanya.

cheers,
Sylvia - Jovan & Rena's mum with 37-week-'bump'