Iya mbak tiap hari danish maem bubur instant aja.. :(
Soale yang jaga di rumah neneknya aja.. dan neneknya gak tegaan kalo liat
danish seperti gak mau makan bubur buatan sendiri...

-----Original Message-----
From: melisa [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, January 07, 2008 12:47 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] Bingung

Mbak Nur,
Kalo ngasih bubur buatan sendirinya cuman seminggu sekali, brarti setiap
harinya makan yg instan ya? Apa Danish udah terbiasa makan yg gurih2 kali
ye?

Kalo emang iya, brarti gak bisa ngubah tastenya langsung, harus
perlahan-lahan ditingkatkan kekasaran makanannya dan dikurangi makanan
instant-nya. Awalnya pasti sulit, apalagi kalo mikirnya takut anak
kekurangan gizi, jadi selalu aja kembali ke menu bayi-nya. Tapi kalo
dipikir-pikir, bayi dibawah usia 1 thn itukan masih mengandalkan susu untuk
gizi utamanya, jadi sebelum usia 1 thn sebaiknya kita berusaha trial makanan
padat sampai nanti usia 1 tahun sudah bisa makan makanan rumahan.
Kedepannya, anak jadi lebih mandiri dan gampang diurus ;-) Jangan sampai
kayak keponakan saya yg usia 4 thn masih diblender buburnya he..he..he..
Kalo pergi jalan2 tergantung banget sama bubur McD yg asinnya gak
ketulungan.

Selain bubur, bisa bikin mie ato pasta mba. Dulu anak saya usia 10 bulan,
udah mulai saya kasih mie ayam bikinan sendiri, makaroni schotel, perkedel
kentang campur daging. Pokoknya di variasiin jangan terpaku sama bubur beras
doang supaya gak bosen. Diantara jam makannya, bisa dikasih cemilan2 sehat,
sprt cookies havermouth bikinan sendiri, puding susu, puding roti, puding
nasi, smoothies buah, dll. Jadi kalo kadang anak saya menolak makanan
utamanya, saya gak terlalu dag dig dug anak saya bakal kekurangan gizi
he..he..he..

Meskipun saya kerja, beruntung banget saya punya asisten yang pinter masak
dan selalu menuhin menu yg saya bikin perminggu. Jadi penting banget
dukungan dari pengasuhnya selama kita ga ada. Lalu, ajarin anak untuk
mengunyah, buat mimik kita menikmati makanan sambil ngunyah setiap disuapin.
Finger food dan cookies bisa jadi bahan yg baik utk belajar menggigit dan
mengunyah. Berikan makan pada jam yg jauh dari waktu minum susu, sehingga
anak agak laper dan gak ada pilihan lain selain makan.

Umur segitu mukul2 sih masih wajar mbak. Apalagi kalo pas dipukul kita malah
senyum-senyum he..he..he.. pikirnya kan lagi main. Pelan2 aja dipegang
tangannya "Jangan dong sayang,...sakit nih.." Tapi nanti pasti diulangin
lagi ;-) Lama2 kalo udah mulai verbal, mudah2an cara menyapanya udah mulai
manggil2 "Ma..ma.." ato "E...e.."