mbak Evariny,
Menurut saya pendidikan agama sejak dini sangat penting jangankan usia 2 th
sejak masih dalam kandungan aspek religius besar efeknya sama anak. Ini pernah
dibuktikan di Iran seorang anak usia 5 th sudah hafal dan paham Alqur'an, sejak
dalam kandungan ibunya sering membaca Alquran.

pasti kan kita bertanya untuk apa ? selain usia dini anak itu mempunyai daya
serap yang tinggi juga akan menjadi set default didalam otaknya yang masih
bersih.
Nanti bila dia sudah besar bila dia mendengarkan ayat-ayat Alquran dia akan
mudah tersentuh hatinya. Dia tidak akan kehilangan pegangan bila menghadapi
masalah dalam kehidupannya. Dia tahu mesti mencari kemana petunjuk di dalam
hidup ini, walaupun suatu saat dia melakukan kesalahan dia akan tahu.

Mengenalkan agama sejak dini selain mengajarkan nilai-nilai juga supaya anak
tahu akan kewajibannya, dan bila  dia akil baligh dia tidak akan berat untuk
mengerjakannya.
Menurut saya yang penting diajarkan anak pada usia dini selain hafalan dan doa,
adalah:
- Membaca Alquran dan terjemahannya.
- adanya Allah yang menciptakan dan selalu mengawasi manusia, ini penting agar
anak tahu walaupun tidak ada orang tuanya ada Allah yang selalu menjaga dan
mengawasinya.
- Akhlak sehari-hari

Di dalam Alquran kan ada cerita tentang malaikat, syaitan, surga,
Neraka...dengan bahasa anak-anak tentunya.
Menurut kita masih abstrak buat anak2 tapi anak mengerti loh logika sebab
akibat, kalau orang berbuat baik nanti akan dibalas begitu juga sebaliknya.
Pemahaman ini akan melekat terus di kepala anak.

Dulu waktu SD saya pernah membaca komik tentang Neraka, waktu itu gambarnya
serem juga sih.. walaupun bacanya cuma sekali sampai sekarang masih ingat
terus.

Hanifa