From: Nurwida Anas [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, 15 October 2003 9:38 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: [balita-anda] Hamil dan masih menyusui

Assalamualaikum wRwB,
Selamat pagi Bapak2 & Ibu2,

Saya Wida, ibunya Aulia. Saya baru bergabung lagi dengan milis ini
setelah off +/-1 bln karena pekerjaan di kantor lagi numpuk banget.

Alhamdulillah saat ini saya sedang hamil anak kedua, menurut perkiraan
dokter usia kandungan saya sdh 5 minggu dan 1 minggu lagi si sulung
Aulia akan berusia 18bln. Sampai hari ini saya belum menyapih Aulia,
alhamdulillah ASI saya masih banyak tapi khawatir juga kalo masih  terus
menyusui, masih tetap bagus gak buat Aulia. Kalo ngeliat Aulia yg lagi
'nenen' rasanya kock gak tega banget mau nyapih, terlebih lagi ayahnya
yg setengah tdk mengijinkan kalo saya buru buru nyapih Aulia. Menurut
ayahnya mungkin masih bisa sampai usia kandungan dua ato tiga bulanan
asal ibunya mau makan banyak, padahal waktu saya konsultasi ke Sentra
Laktasi jawabannya ya harus di sapih. Memang sich ada tetangga dirumah
yang masih menyusui anaknya sampai usia kandungan hampir 5 bulan
-kakaknya sehat dan sikecil juga lahir sehat 3.6 kg. Jadilah saya
bismillah aja, makan banyak mudah mudahan masih bisa menyusui sampai 1
ato 2 bulan lagi dan si jabang bayi juga sehat. Tapi masalahnya,
sebentar lagi kan bulan puasa saya kepingin banget bisa pol 1 bulan
karena alhamdulillah lagi hamil saya gak rewel (waktu hamil Aulia saya
bisa puasa 1 bulan).

Tolong masukannya dong Bapak Ibu, apakah saya memang harus segera
menyapih dan gimana caranya menyapih yg baik. Trus gimana juga
menjelaskan ke Ayahnya kalo pilihan saya utk menyapih adalah yang
terbaik.

Maaf ya kalo pertanyaannya kepanjangan dan terimakasih sebelumnya.

Wassalamu'alaikum wRwB,

Ibunya Aulia