Mbak Ratna ,

Untuk beli piano kita harus hati2, karena barang yang murah belum tentu bagus
kualitas suaranya maupun spare partnya. Perlu survey dan tanya2 ama yang ngerti
tentang piano. Untuk Piano Yamaha Type U1, U3 dan UX (udah kaya grand) harganya
memang di atas 20 jutaan. Untuk UX kira2 27 - 28 jutaan.

Saya juga baru beli piano type UX, posisi saya di Surabaya. Saya sempet survey
ke beberapa penjual. Ternyata kalo kita gak ngerti bisa dapet piano yang gak
bagus (walaupun fisik luarnya bagus). Karena untuk beli piano perlu diliat
dalemnya, headnya masih bagus gak, trus besi2nya udah karatan atau udah pernah
diganti apa belom, juga masalah jamur / lembab.
Jadi kalo mbak mo beli tanya2 aja dulu, dicoba suaranya, trus minta dibuka
dalemnya, kalo punya kenalan yang tau piano bisa juga di ajak supaya safe.

Untuk Yamaha menurut penjual harganya relatif stabil, kalo kita mau jual
nanti2nya.
Ada Yamaha yang lokal buatan pluit.... suaranya juga cukup bagus untuk pemula
(anak2), pianonya juga gak begitu tinggi. Harganya sekitar 12 juta an.

Atau mau tanya2 ama agen di surabaya, nanti saya kasih no telp.nya via japri
aja....

Gitu mbak.... pengalamanku beli piano.... Semoga bisa bantu

Salam
Yuya