Apa kena gondongan (mumps), mbak?
Biasanya kalo gondongan, selain kelenjar getah beningnya bengkak, ada demam dan pusingnya juga...

On Apr 16, 2008, at 11:20 AM, Rizqiyah, Ummi-Lailatul wrote:

dear Sp's
mo tanya ....ada yg tau soal pembengkakan kelenjar getah bening nggak...

ktnya kalo lagi nggak fit memang suka agak bengkak(keluar/menonjol),
tapi nggak pa pa. bener nggak sich...
gini...tadi pagi aku ngeraba leher bagian kiri, kok ada sedikit menonjol
melebar ngikutin kelenjarr (apa urat yaaa). aku ngerasa aneh, kupikir
karna alergi, karena aku suka gitu. dan biasa kalo aku pusing(lagi
migrain ato vertigo) suka urat2lebih menonjol.
memang sedikit pusing (setiap hari aku merasakan pusing, panjang banget
kalo diceritain disini), tapi tidak parah banget. dan setelah kuraba
pelan2 mulai dari bawah daun telinga sampe ke leher agak sedikit
menonjol.

kt temenku mungkin kelenkar getah bening kali mbak yg bengkak....nah itu
dia aku nggak tau.
sapa tau  ada yg pernah ngalamin hal yg sama. entar aku observe dulu,
kalo sampe besok masih aku ke dr aja.
biasanya khan di ba suka komplit :P

thank's yaaaa

    ~   ILA   ~