Hi mbak Rita,

Baca e-mail nya mbak, rasanya kalau hanya perut kembung or 'masuk angin'
saja mungkin nggak sampai nyeri sekali bahkan sampai si kecil nggak bisa
tidur.  Apalagi rasa nyeri nya  datang periodik, harus dengan bantuan 2 kaki
yang ditekuk untuk menahan nyeri, dan sudah lebih dari 1 hari.

Selain profil perut yang kelihatan besar/bengkak, apa memang bergerak
sedikit, batuk, bersin, disentuh, dll  juga sakit?  Apalagi kalau posisi
nyeri menetap  di perut kanan bawah, apa mungkin ada resiko (radang) usus
buntu?
Observe juga BAB dan BAK nya, apa ada yang nggak seperti biasanya?

Ada baiknya juga konsultasikan ke DSA, kalau perlu yang ahli
gastroenterologi supaya bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan test penunjang
lainnya yang lebih rinci.
Kalau sudah pandai berkomunikasi, si kecil diminta cerita ke mbak apa aja
yang dia rasakan, supaya jadi bahan masukan buat DSA yang menangani.  Jangan
lupa catatan tentang makanan/minuman/obat yang dikonsumi beberapa hari
terakhir ini.

Home treatment bisa dilakukan, tapi kalau sudah membuat si kecil begitu
terganggu istirahatnya, mungkin perlu advise dari ahli medis yang kompeten
untuk treatment selanjutnya, mbak.

semoga si kecil cepat sembuh, ya mbak..
Sylvia - mum to Jovan, Rena & Aleta

<deleted>