Dear ibu Wanda,

  Jadi ingat dulu, waktu anak pertama masih seumuran daffa . Makannya susah,
milih-milih pula. Namanya juga maminya kerja, jadi makannya dipegang pembantu.
Gak punya supervisor lain dirumah. Masak sih saya yang masak, tapi yang gemuk
pembantu. Sementara pembantu tambah gemuk dan sehat padat gizi, anak saya kurus
kering gak doyan apa - apa.
  semua orang dari tetangga temen mertua, nyaranin ini itu. Saya baca dan coba
bikin aneka ragam resep, dan mencoba semua tips memompa nafsu makan anak.
Mencoba aneka vitamin penambah nafsu makan. tapi gak ngaruh juga. Ada satu
artikel yang saya ingat sampai sekarang, entah dimana membacanya,  Biarpun anak
tidak doyan makan, jangan tergoda untuk mensupport dengan susu atau makanan
pengganti lain, tetap sediakan makan dan cemilan sesuai jadwal, usahakan makan
1 jam kalau gak habis, jangan dipaksa. susu sesuai jadwal juga, misalnya 4 kali
sehari ya 4 kali sehari. kalau dia gak mau makan, jangan ditambal sama susu.
  Kalau buat saya pribadi, solusinya saya temukan waktu anak ku umur 5 th.
Langkah yang saya ambil:
  1. Saya resignkan tuh pembantu, emang salah satu penyebab utama ternyata dia.
  2. Kebetulan lagi cuti lahiran anak kedua, jadi saya telatenin makan nya saya
pegang dan suapin sendiri, saya tungguin sambil main dan ngobrol.
  3. Saya ikutkan dia dalam kegiatan masak, mempersiapkan sayur, walaupun dapur
jadi amburadul sesudahnya ya sutralah
  4. Saya ajak lihat -lihat buku resep, dia pilih mau makan apa, terus belanja
bareng, dan masak bareng (catet, anak saya laki-laki)
  5. Saya masukkan buah dan susu ke dalam puding, aneka puding, buah kering
seperti kismis, krenten dkk dalam bolu yang kita bikin bareng.
  6. Sayuran agak susah, karena rasanya agak kuat. Saya lupa tuh dulu saya
sembunyikan dimana kalau buat sayuran.
  7. Susu diganti fresh milk, bukan susu bubuk lagi.
  8. coklat, permen, juga eskrim hanya boleh hari sabtu dan minggu setelah
makan. Tidak ada junk food, dan makanan kemasan.
  Setelah ditelateni, sekarang, dalam usia 7.5 th, kalau makan dia selalu
habis. walaupun aku masih harus berjuang memasukkan telor bulat dan buah selain
melon dan jeruk, tapi semua sayur sudah masuk, nasi juga begitu, malah dia
belum mau berhenti makan kalau masih ada sebutir nasi dipiringnya.
kalau siang pulang sekolah dia ngantuk dan makannya gak habis, dia pesen sama
asisten di rumah, supaya sisa nasinya disimpan buat makan malam. begitu jadwal
makan malam, sisa nasi siang, ditambahkannya sama jatah makan malamnya, dan
dihabiskan semuanya.
  Badannya sih gak gemuk, tapi dah lumayan dibanding dulu, lebih tegap juga
mungkin karena ditambah berenang kali ya. Dan satu lagi, dia senang sekali
bantuin aku masak, dia selalu jadi asisten ku sekarang, berdua sama adiknya
yang perempuan.
  sorry jadi malah curhat dan kepanjangan, gitu deh akhirnya. Kali aja ada yang
bisa di adopt gitu.

  rgds
  vinty

Wanda Manoppo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  Dear Moms.......

Aku pernah baca ttg picky eater di tabloid, selain berhubungan susah makan,
faktor pencernaan...itu juga ada faktor dalam taraf kemampuan bicara, d sana d
bahas ttg semua di tangani oleh DSA, nah aku butuh banget info DSA trsb praktek
dimana yah ??? atau ada klinik anak yg u/ picky eater gitu ??? soalnya Daffa ku
( 4 th ), termasuk susah makan, tidak suka sayur2an...karena faktor ngunyah nya
ga beragam, faktor giginya juga rusak karena susu, akhirnya kemampuan bicaranya
blm sebaik kakaknya....

mau dong info ttg :
1. DSA yg menangani masalah picky eater
2. ada ide u/ anak yg susah lauk pauk en sayur..apa harus d tim lagi ???
3. pediasure masih relevan ga siy u/ sebagai pengganti jika anak susah makan
???
4. ada pengalaman u/ nahan anak ga blh minum susu dulu ampe dia mau makan ???
soalnya aku pernah coba ...Daffa nya ngamuk sengamuk2 nya...

pls info nya yah...soaknya kbtln Daffa juga abis pulang opname....karena panas
berhari2...tp alhamdulillah hasil tes negatif u/ DB atau tifus...

thx yah....