From: Luluk Lely S. I. Dh. [mailto:[EMAIL PROTECTED] Sent: 17 Oktober 2003 22:34
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Gak peedee ngasih ASIP

Mbak Azizah,

Udah pede aja mbak. Paling tidak itu yg selalu dikatakan DSA-ku. Karena sirkulasi ASI diatur oleh hormon prolaktin dkk, jadi kalo kita stress ASI tidak akan lancar. Kalo mau terus menyusui tapi gak pede, coba aja ke Klinik Laktasi RS. St. Carolus. Aku belajar banyak disana soal manajemen ASI. Dan coba beli seri Ayahbunda yg judulnya " Manajemen Laktasi " disitu juga dijelasin kok. Menurut teori kedokteran sih gak ada istilah ASI jelek.

Soal ASIP, mbak azizah punya jadwal khusus memerah/memompa ASI gak wkt di kantor ? Sebaiknya sih setiap 3-4 jam sekali ASI harus diperah. Supaya volume ASI tdk berkurang. Itu yg aku lakukan waktu aku di kantor. Sekrg anakku udah 14 bulan tapi ASIku masih banyak (meski gak sebanyak waktu dia berumur <1 thn) ASIP yg disimpan di kulkas (bukan freezer) akan tahan 1-2 x 24 jam. Selama ASIP tsb bukan sisa / bekas diminum bayi, gak papa deh mbak. FYI kalo ASIP di freezer bisa sampe 3-6 bulan. Jadi inget wkt bulan2 awal menyusui Alyssa. Ibu mertuaku agak kesel krn kulkasnya penuh dg ASIP .... hehehe... Ya gak papa lah yg penting anak sehat.

Kalau baby-nya mbak Aziza kena batuk juga mungkin kondisi lingkungannya (termasuk udara) gak bagus. Bisa jadi daya tahan tubuhnya bagus, tetapi kondisi lingk gak bagus. Lama2 jadi kena juga batuknya.

Soal berat badan, selama belum ada di daerah yeloow / red zone sptnya gak papa deh. Coba mbak tanyakan ke DSA-mbak. Anakku, Alyssa, juga gak gemuk kok. Dan menurut literatur yg aku baca memang anak ASI mempunyai kecenderungan tdk berlebihan BB alias gak kegendutan. BTW bisa juga krn manajemen laktasinya belum tepat. Jadi sang bayi tidak mendapatkan foremilk (bagian utama dari ASI yg mengandung paling banyak lemak utk menggemukkan anak).

Ya udah Good Luck. Pokoknya maju terus pantang mundur.
Insya Allah anak akan lebih sehat kok mbak dg ASI.

Lulu

TELKOMNet INSTAN : mudah pemakaiannya, luas jangkauannya dan sekarang ......... ada
hadiahnya pula !

Mau kirim bunga hari ini ? Klik, http://www.indokado.com/
Info balita, http://www.balita-anda.com