Kalo, mbak yakin Nathan males ngomong, kalo dia minta sesuatu dengan nunjuk dan uh..uh... saja jangan langsung dituruti. Minta dia untuk menyebutkan permintaannya. Awalnya mungkin sulit, mungkin dia akan marah atau tidak meneruskan permintaannya. Sabar saja mbak, bilang saja "maaf Ibu tidak mengerti maksud Nathan, coba katakan lagi"

Sering diajak ngomong aja mbak, meskipun dia nggak jawab, terusin aja. Kalo dia jawab pake isyarat, tanyakan maksudnya apa, kalo ngomongnya nggak jelas, mbak ulangi dengan kata yg benar. Misalnya dia bilang "mo num" mbak bilang " oh nathan mau minum ya?"
Eh ini menurut saya lho mbak, anak saya sih lancar ngomongnya, ceriwis malah. Dari bayi dia sudah sering saya ajak ngobrol, kapan saja, dimana saja :) Sampe sekarang kalo pas jalan trus liat sesuatu yg baru saya tunjukan sambil sebut namanya. Pokoknya kita ceriwis aja mbak, siapa tau nanti dia ngikut juga. Keponakan saya, ibunya kan diem banget, lembut banget, dia juga gitu deh. Kalo ngobrol sama Sekar, ngomongnya dikit pelan lagi hi..hi..hi...
Tapi kayaknya kalo anak laki-laki sering telat ngomongnya ya mbak, anaknya temenku juga gitu kok.

Maaf ya mbak kalo nggak membantu.

Regards,
Atik