dulu aku pernah ngalamin waktu dila TK. Karena naek jemputan otomatis
dila harus menunggu agak lama, yg sebelnya karena anak Tknya Cuma 2
orang jadinya nugguin anak SD kelas 1. sambil menunggu, karena disitu
gabung dgn SD, dan diluar sekolah suka ada jajanan, dila mungkin jadi
tertarik. Padahal aku nggak pernah kasih uang.ternyata dila suka bawa
kue ato mainan, saat ditanya dikasih temennya, khan aku jadi nggak enak
sama mamanya. Jadi kadang aku suka kasih uang, dgn catatan harus lapor
apa yg dibeli plus nggak boleh jajan makanan yg aneh2, mainan masih
mending.

Agak lamaan, mamanya temen dila nanya dan bilang anake suka jajan,
katanya dikasih dila . Nah lo ganti aku yg bingung. Padahal versi anakku
diajak ama temennya. Tapi namanya anak2 ya nggak tau mana yg salah dan
bener yg jelas dila bilang temennya itu sering jajanin dila. Cuma aku
nggak enak mo ngomong.

Pernah uang tabungan temennya dikelas hilang katanya (celengannya
ditaruh di kelas). Cuma khan nggak tau sapa yg ngambil. Tapi dila suka
cerita.....ma..aku tau sapa yg ngambil uang dikelasku. Khan aku suka
liat anak itu ngmbil, sambil nyebut cirinya. Aku tanya bilangin aja ama
ibu guru,,,nggak ah takut (aku pikir anak SD nya, jadi dila nggak
berani)

Suatu saat uang ibu gurunya hilang,dan anakku ikut ditanya secara dila
temen deketnya. Dila ngaku kalo yg ambil temennya, tapi temennya masih
nggak ngaku juga, akhirnya sich anak itu ngaku juga (cewek lho...)
mamanya kagetnya luar biasa lho. Maksud hati nggak ngasih jajan biar tdk
terbiasa, eh malah ngambil orang lain karena pgn jajan. Aku suka bilang
ma dila, kalo dila mau jajan mending minta sama mama ya, jgn sampe nyuri
punya orang, dosa de el el. Bolak balik dech.

Ada lagi ponakan temenku terbiasa dibekalin dari rumah, saking pengennya
jajan dia pinjam ke temannya kalo nggak salah 1000 or 2000. tapi temenya
itu ngasih pinjam dgn catatan pake bunga(duuh kecil2...) jadi harus
balikin sebesar 5000an. Karena takut minta ama ortunya, dia ngambil uang
ibunya, sepuluh ribuan tapi dibalikin 9500, jd Cuma mo ngambil 5000aja.
Cuma sama ortunya tetep diselidiki karna pengen tau buat apa. Ternyata
buat bayar ke temennya itu. Akhirnya sesekali dikasih uang jajan

Serba repot juga ya, ngasih uang jajan, takut kebiasaan, trus jajan yg
nggak bener nggak dikasih takutnya ambil cara yg nggak bener. Ya mungkin
kitanya yg harus bawel sama anak kita, ngasih tau mana yg jelek mana yg
baik.

Kalo soal tetangga, wah sudah banyak kejadian. Mainan ato buku rusak ama
tetangga dah biasa, makanya dila ato mbaknya suka aku omongin nggak
boleh ngeluarin mainan ato buku tertentu. Habis kalo harganya mahal
nyesek eh...Kebetulan tetangga aku jarang yg suka buku, jadi kalo ke
rumah liat buku dila pada heboh. Pernah kamus 3 bahasanya dila masih
baru, secara dila saat itu masih TK, jadi jrg pake sementra tetanggaku
dah SD eh demen banget minjem, dah gitu balik2 dah keriting plus sobek
dan coret sana sini. Pas pinjam lagi aku bilang aja nggak ada.
Kalo pas ada aku, aku bilangin tuch ma mereka, boleh mainan ato baca
buku dila tapi hati2 jgn disobekin, dicoret2, ato dirusakin yaaaa. Tapi
ya tetep aku batasin mana yg boleh dikeluarin mana yg nggak. Dila sich
dah ngerti. Yg agak susah kalo yg model main ngambil sendiri. Biasanya
langsung aku tegur. So far sich sukses, kalo entar di "omongin"  ama
ibu2 kalo anaknya lapor nggak boleh pinjam ya biarin aja.

     ~   ILA   ~

Skin Clinical Center Indonesia

Menara Duta 2nd fl Wing D

Ph : (62) 21 - 5256366 Ext 258