Mbak Ning,

Kalau memang nggak ada catatan khusus dari dokter tentang sistem pencernaan
Zhafira sejak dia lahir, mungkin mbak memang tinggal observe lebih rinci
penyebab BAB Zhafira seperti itu.  Sebetulnya lebih 'gampang' untuk deteksi
karena usia Zhafira membuat jenis asupan nutrisinya masih terbatas.
'Suspect' pertama memang biasanya dari asupan nutrisinya - apa yang sedang
dikonsumsi mbak  (makan/minum/obat), karena Zhafira ASI , juga efek dari
susu formulanya.  Ini semuanya bisa berpengaruh dengan BAB nya Zhafira.

Sekarang, setelah Zhafira 'akhirnya' mengeluarkan BAB kehitaman, mulai
observe, mbak.  Gimana dengan bentuk BAB Zhafira sekarang2 ini? Ingat2 lagi
apa yang baru2 ini mbak konsumsi.  Kalau memungkinkan, semakin hari usahakan
frekuensi pemberian ASI lebih diperbanyak dibandingkan pemberian sufor -
supaya lama kelamaan nutrisi Zhafira seluruhnya dicover oleh ASI, mbak.
Kalau sudah mulai menuju fase ini, seharusnya BAB Zhafira akan kembali
normal, kok mbak.

Kalau baru sekarang timbul masalahnya, padahal sufornya sudah dikonsumsi
sejak lahir.  Observe lagi, apa karena frekuensinya pemberiannya semakin
sering, gimana juga dengan takarannya - siapa tahu faktor2 ini yang membuat
sistem pencernaan Zhafira bereaksi. Dan kalau memang ternyata dengan
pemberian sufor yang sama jumlah dan frekuensinya - kecenderungan BAB
Zhafira berulang seperti tadi, mungkin perlu ganti dengan merk lainnya.
Salah satu 'kelemahan' pemberian sufor, memang harus cermat cari dan
dapatkan merk sufor yang 'cocok' dengan sistem pencernaan baby.

Itulah bedanya dengan baby ASI eksklusif -- tidak tiap hari BAB tidak
menjadi masalah karena memang ASI terserap sempurna dan 'butuh' waktu untuk
buang 'ampasnya'.  Lain dengan baby yang sudah kenal sufor, tidak BAB tiap
hari perlu dicermati khusus supaya terhindar dari konstipasi dan masalah BAB
lainnya.

Mumpung masih 2 bulan usianya Zhafira, nggak ada kata terlambat untuk
kembali menyusui. At least, bisa mengurangi resiko masalah dengan BAB baby
kita.
Ayo, mbak .... semangat lagi untuk  full menyusui :) , apalagi masih bisa
memberi ASI kan, mungkin tinggal manajemen laktasi nya saja yang harus
sedikit diperbaharui

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena & Aleta

Kirim email ke