Hi mbak Sutarmi,

Mungkin maksudnya penyakit cacar air ya, mbak?  Karena penyakit cacar
kayaknya sudah di-claim tidak ada lagi di muka bumi ini :)
Nggak hanya baby, sejak masih janin dalam kandungan pun bisa saja terpapar
infeksi virus cacar air ini, mbak.

Setuju dengan yang sudah di-shared mbak Ila, daya tahan tubuh seseorang yang
perlu dijaga supaya 'kebal' dengan serangan virus cacar air. Kalau masih
ASI, persering pemberian ASI nya mbak, itu termasuk penguat 'alami' sistem
imun baby.
Sementara ini tetap minimalkan kontak (apalagi kontak intens) dengan orang2
di kawasan rumah mbak yang memang sedang terserang cacar air.  Please note,
daya tular virus ini bukan pada saat kelihatan bintik2 merah berair di tubuh
penderita, tapi bahkan beberapa waktu sebelum itu.  Makanya, karena sulit
untuk mendeteksi secara visual apa memang daya tular virus sudah 'on', lebih
baik ambil tindakan preventif dengan menjaga daya tahan tubuh.

Nggak cuma baby di rumah, make sure juga mbak dan orang2 di rumah mbak
(kecuali yang mungkin sudah pernah kena waktu kecil) juga lakukan tindakan
preventif yang sama.

Vaksinasi cacar air (Varicella) sendiri bisa diberikan waktu anak usia 10
tahunan, ada juga yang jadwalnya sejak usia 12 bulanan untuk mengurangi
resiko terkena infeksi cacar air.

semoga Barra tetap sehat, ya mbak :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena & Aleta

Kirim email ke