dear all, thanks yah atas response nya... :)

cerita lengkapnya begini : Farel uda 7 hari demam, 5 hari pertama demam
sumeng sekitar 37,5C kontinu, hari ke 6 mulai naik > 38,5.
dari awal demam uda merasa sakit tenggorokannya, dan biasanya hari ke 3
radangnya sembuh dan batpilnya keluar, tapi kali ini radangnya lanjut terus.
Makin hari makin sakit dan mulai nangis tiap mencoba makan minum krn merasa
lapar tpi sakit saat menelan.
Akhirnya hari ke 4 dibawa ke dokter langganan. Diagnosanya hanya radang
biasa... agak lega karena takutnya campak or yg lain krn dimukanya farel jg
bermunculan bercak-bercak merah. Trus aku minta dikasih obat syrup aja utk
ngademin rdangnya, tapi dokternya keukeuh ngasi puyer... menurut suami
ya sudahlah tebus aja utk jaga-jaga. Sampe di rumah aku search komposisi
puyernya krn beda dgn puyer yg biasa diksh utk batpil, dan rada merasa aneh
dgn kejadian di apotik krn saat aku minta copy resepnya utk yg puyer gak
boleh ditulis ulang, untungnya komposisinya tertulis di kwitansi. Dan
ternyata puyernya itu mengandung Codein, obat golongan Narkotik!! baca efek
sampingnya sgt mengerikan. Langsung aku buang deh tu obat dan sepertinya gak
akan balik ke dokter itu lagi, pdhl itu dokter sudah lama jd langganan dan
dulu-dulu kalo pun ngasi obat gak pernah yg berat2, knp skrng jd komersil :(

Rabu kmrn maksain cuti utk observe di rmh, dan ternyata radangnya makin
parah, panasnya mulai naik. Akhirnya semalam aku bawa ke dokter langganan yg
lain lagi (punya beberapa dokter langganan hehe). Didiagnosa menderita krup.
Gejalanya yg paling kentara adalah barking cough/batuk menggonggong/batuk
bangkong dan suara berubah. Awalnya memang krn infeksi virus dan kalau
kasusnya berat bisa terjadi superinfeksi oleh bakteri, dan bisa menyerang
pita suara dan turun ke paru.
Singkat kata diresepin puyer juga hehe (suseh ye utk say no to puyer) plues
AB juga, dan dikasih tau gejala utk situasi gawat dimana anak hrs cepat
dibawa ke ugd. Oiya.. seharian itu farel mulai muntah-muntah, panas tinggi
(sampai tadi pagi msh panas) dan sorot matanya tambah keliatan layu, lemas,
dan msh sakit utk makan minum.

Nah katanya utk mengetahui benar terjadi infeksi bakteri khan pakai uji usap
tenggorakan ya? itu prosesnya menyakitkan gak yah?
bisakah ngetes langsung ke lab tanpa surat rekomendasi dr dokter ? (kmrn pas
konsul lupa nanya hal ini)

terima kasih atas pencerahannya
ela

On 6/25/08, boedoet <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> saya tambahkan ya...
> radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri namanya strep throat.
> penyebabnya adalah bakteri streptococcus. beberapa gejala utamanya adalah ,
> sakit tenggorokan, demam, kelenjar gondok membengkak. tapi masalahnya
> memang
> gejala2 tsb juga bisa diakibatkan oleh virus... seperti virus cold, flu,
> tonsillitis.
> nah kalau dilihat dengan mata telanjang, memang sulit membedakan apakah
> akibat virus atau bakteri... cara yg paling efektif adalah dengan test
> [...]

Kirim email ke