Pada anak -+ usia klas 2 SD, kerapihan menulis lebih tergantung pada kematangan motorik halusnya. Jadi melatih anak menulis rapi dengan cara menyenangkan adalah dengan memberi mainan yang melatih motorik halus, misalnya lego. Pada usia yang lebih muda maka legonya pun yang ukuran lebih besar (ukuran tonjolannya). Semakin bertambah usia, legonya diganti dengan yang lebih kecil. Semakin awal kita melatih, maka hasilnya lebih baik.

Dayat

----- Original Message ----- From: "Dini Febrina" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Monday, July 28, 2008 5:59 PM
Subject: RE: [balita-anda] mengajarkan anak menulis

He..he...jadi inget jadul waktu masuk SD kls 1.
Buat gambaran aja jeng ina, aku jg dulu masuk SD umur 5 thn 5 bln.
Baca udah bisa, nulis berat banget :-) mungkin memang perkembangan motorik halus anak utk menulis umur segitu belum optimal kali yaaa... Dulu aku nulis huruf p sambung kecil sampe nangis di kelas putus asa, minta pulang kerumah digendong sama ibu hi..hi..(aku & ibuku masih inget bener kejadian ini). Di rumah diajarin terus sama ibu, dibeliin buku tipis tebel, buku kotak-kotak, belajar nulis diulang-ulang (seinget aku sih nggak pake diomelin kok,
Tapi dibimbing & disemangatin terus) pokoknya practice makes perfect deh :-)
Malah sering disuruh guru nulis didepan krn tulisannya lumayan dibanding yg lain (dibanding yg lain yg ancur maksudnya he..he..)
Lama-lama juga bisa, semua perlu proses Jeng he..he..

Kalau sekarang anakku jg lagi belajar nulis, diajak main-main aja misalnya nulis namanya, nama ibu, nama bapak, merek mobil, nulis nama hewan. Sekarang kalau dia gambar mobil, lumayan dah pake nomor mobil or plat., kalau gambar binatang, orang, ditulis diatasnya nama "tokoh" tsb (walaupun kumpulan huruf doang nggak ada maknanya he..he..)

Hmmm..jadi sedih, ntar anakku SD bisa nggak ya aku telaten ngajarin kayak ibu? Hiks...