Mbak,
Kalo yang namanya anak jatuh, emang udah "kodratnya"... maksudnya, dia
belajar sesuatu dari jatuh... kalo gak jatuh, walah.. berarti penjagaannya
super duper ekstra ketat.... tinggal kita berusaha meminimaliskan (bener gak
sich bahasanya?) jatuhnya..
Kalo Hafiz (2thn11bln), sampe sekarang, masih aja jatuh di sana sini... la,
anaknya pecicilan.. udah dibilang jangan, licin, dll... terkadang gak
digubris...
Ica (1thn2bln), pernah jatuh dari tempat tidur yang tingginya 50cm, kirain
masih tidur, udah dikelilingi bantal, eh... kedengaran lengkingan dari
kamar, ica-nya udah dalam posisi tengkurep... setelah diobservasi, gak ada
apa2, lega..
Kalo sekarang, lagi belajar jalan... ini mah, emang langganan jatuh... gak
bisa diem..
Yang bisa aku lakukan kalaupun jatuh, gak berakibat fatal, untuk lantai, aku
alasi dengan eva-mats (yang warna-warni), jadi kalo jatuh ke duduk, gak
terlalu nyakitin.. (kelihatan setelah jatuh, dia langsung berdiri sendiri),
jangan sampe ada air yang kececer, kalao ada yang ngepel, anak2 diungsikan
ke kamar, atau tunggu anak2 tidur.
Kalau di kamar mandi, aku pakein karpet yang khusus kamar mandi, waktu itu
aku belinya di pasar senen, 1M 50rb. Tapi worth it banget, karpetnya nempel
gak bergerak, kalo kena air sabun gak licin.. jadi anak-anak mandi, agak
bisa bermain... gak melullu dipegangin..

Semoga membantu..