To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Tuesday, September 09, 2008 1:23 PM
Subject: Re: [balita-anda] (OOT): Buka Bersama dengan Anak Jalanan

kamu ada kenal?

2008/9/9 Noni <[EMAIL PROTECTED]>

ooo... sahabat anak tooohhh....

----- Original Message ----- From: "yesi warrie" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Tuesday, September 09, 2008 1:03 PM

  Saya gabung dengan komunitas Sahabat Anak, memang konon ceritanya
komunitas
ini berasal dari para aktivis gereja. Meski mayoritas yg ngajar aktivis
gereja, bagi saya tidak masalah. Karena sebagian besar anak jalanan ini
ternyata muslim, dan banyak dari mereka juga sholat. :):)

Kita belajarnya di bantaran kali pak, di rumah petak kecil pinggir kali
dan
buku2nya ya dari yaysan sahabat anak itu. saya kan hanya salah satu
volunteer aja. anak2 yang mau sekolah akan dapet beasiswa. kendalanya
adalah
keberatan dari ortu karena kalau anak sekolah mereka tidak bisa ngamen or
ngemis buat nambahin income.

Anaknya terbagi ada beberapa kelompok pak;
1. balita (Pra TK dan TK, meski gak sekolah)
2. SD kelas 1-3
3. SD kelas 4-6
4. SMP 1-3
5. SMK 1-3

yang ngajar ya ada 7 orang sekarang tapi ada juga volunteer tambahan.
Pelajaran yang diajarkan adalah bahasa inggris, matematika, dan pelajaran2 sekolah. Meski mereka sudah kelas 3 ada juga yang belum bisamembaca dengan
lancar. karena memang mereka diharuskan membantu orang tua, dan tetep
setor
ke ortunya. Meski dibilang sekolahnya sudah gratis pak.

Ada yang ditargetkan 30rb sehari. Jadi kita pendekatannya ke ortunya juga
bahwa anak perlu sekolah. Karena di lingkungan mereka kekerasan kerap
terjadi, misalnya marahin anak pasti juga ada main tangannya. mau anaknya
nangis sampai memelas mereka bukannya peduli, yang ada semakin dihajar.
Namun selama setengah tahun ini aku belum menemui sih..

Anak2 ini kurang kasih sayang keluarga, dan yang pasti mereka membutuhkan
figur hanya saja tidak ada figur yang bisa membuat mereka untuk merubah
diri
dan kehidupannya.

kami sih ingin melakukan sesuatu dan meminimalisasi kriminalitas di jalan. Alhamdulillah ada 60 anak yang bisa dibina. meski tidak mudah pak... tapi
kita semua berusaha kok...

pada dasarnya mereka itu hidup dalam kelompok masing2. dan kelompok2 ini
yang terkadang bersaing dan saling gencet.. tidak mudah merubah pola
mereka....

disuruh pulang kampung juga tidak mau pak... kalau dikampung jadi
pemulung,
dutinya paling dapet seidkit, kalau di Jakarta semuanya bisa dikerjakan,
dari pemulung, cari cacing... dan itupun ada duitnya...

paling sy denger curhat2 mereka, mampir ke rumah anak2itu.. kondisinya
memang memprihatinkan... tapi ya paling tidak bisa merubah kualitas hidup
saya secara pribadi.