Dear Pak Zainal ,

Kebetulan saya juga barusan beli buku tentang kolesterol, berikut sedikit
'ilmu' yang bisa saya share..

Kolesterol adalah lemak berwarna kekuningan berbentuk seperti lilin yang
diproduksi oleh tubuh manusia, terutama di dalam lever. biasanya dalam ilmu
kedokteran digunakan patokan dari NIH-USA sbb :
1. Kadar kolesterol darah yang diinginkan 200 mg/dl atau kurang
2. Kadar kolesterol darah sedang atau ambang batas tinggi 200-239 mg/dl
3. Kadar kolesterol tinggi > 240 mg/dl
Kadar kolesterol berhubungan juga dengan umur penderitanya

LDL adalah kolesterol jahat
1. LDL normal < atau = 130 mg/dl
2. Ambang batas tinggi 131 - 159 mg/dl
3 Kadar LDL tinggi > atau = 160 mg/dl

HDL adalah kolesterol baik
Kadar HDL yang normal > 45 mg/dl
Ambang batas rendah 35-45 mg/dl
Kadar HDL terlalu rendah , 35 mg /dl

Sedangkan trigliserida merupakan salah satu macam lemak di dalam tubuh yang
di dalam cairan darah dikemas dalam bentuk partikel lipoprotein. Bila kadar
trigliserida berada di atas angka normal maka akan terjadi resiko terkena
penyakit jantung koroner.

Standar trigliserida normal maksimal 150 mg/dl
Ambang batas tinggi 151 mg/dl
Kadar trigliserida tinggi 251-400 mg/dl
Amat tinggi > 401 mg/dl

Begitu menurut buku yang saya baca ..