To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Thursday, October 23, 2008 5:17 PM
Subject: Re: [balita-anda] Amankah bila jadwal Imunisasi tertunda?

Mbak,

Kalau yang saya ingat, kenapa tidak boleh diberikan pada saat anak sakit, adalah karena jenis vaksinasi yang diberikan adalah jenis vaksin yang berasal dari virus yang dilemahkan. Jika diberikan dalam kondisi anak sedang sakit, maka otomatis kekebalan badannya tidak ada, malah kemungkinan bisa terjangkit penyakitnya sekalian. Yang termasuk vaksin yang berasal dari virus yang dilemahkan ( correct me if I am wrong ya ) antara lain adalah varicella, DPT. Ada lagi jenis imunisasi yang bukan vaksin virus, seperti polio misalnya makanya pemberian vaksin polio bisa diberikan dalam kondisi apapun, dan biasanya dapat diberikan secara massal, karena resikonya juga tidak ada, tidak pengaruh apakah anak sedang sakit atau tidak. Saya lupa nih dimana saya menyimpan referensinya, tapi yang saya ingat sih demikian, mungkin ada yang dokter disini yang bisa lebih detil. Memang sih dokter lebih baik mencari aman, imunisasi diberikan hanya jika anak dalam kondisi sehat. Karena itu diusahakan anak jangan sering sakit dengan memberikan ASI sampai 1-2 th, supaya target jadwal imunisasi putaran pertama bisa tercapai. Normalnya sih 1 th jadwal sudah terpenuhi, dokter ku suka bilang, ok bu anaknya sudah lulus. tinggal booster aja.
Baru deh aku berani ajak anakku ke mal.

rgds
vinty