Mbak Ika,

ini udah dijawab oleh mbak Syl ya, saya bantu dgn artikel dari milist
sebelah:

*KAPAN IMUNISASI DITUNDA*

Tulisan ini bahan buku imunisasi yg diambil dari berbagai sumber, WHO, AAP,
IDAI

Indikasi kontra imunisasi.
Pada dasarnya, sedikit sekali kondisi yang menyebabkan imunisasi harus
ditunda. Pilek, batuk, suhu sedikit meningkat, bukan halangan untuk
imunisasi.

Beberapa kondisi di bawah ini bukan halangan untuk imunisasi:

- Gangguan saluran napas atas atau gangguan saluran cerna ringan

- Riwayat efek samping imunisasi dalam keluarga.

- Riwayat kejang dalam keluarga.

- Riwayat kejang demam

- Riwayat penyakit infeksi terdahulu

- Kontak dengan penderita suatu penyakit infeksi

- Kelainan saraf menetap seperti palsi serebral, sindrom Down

- Eksim dan kelainan lokal di kulit

- Penyakit kronis (jantung, paru, penyakit metabolik)

- Terapi antibiotika; terapi steroid topikal (terapi lokal, kulit, mata)

- Riwayat kuning pada masa neonatus atau beberapa hari setelah lahir

- Berat lahir rendah

- Ibu si anak sedang hamil

- Usia anak melebihi usia rekomendasi imunisasi

Kondisi dimana imunisasi tidak dapat diberikan atau imunisasi boleh ditunda:

- Sakit berat dan akut; Demam tinggi;

- Reaksi alergi yang berat atau reaksi anafilaktik;

- Bila anak menderita gangguan sistem imun berat (sedang menjalani terapi
steroid jangka lama, HIV) tidak boleh diberi vaksin hidup (polio oral,
MMR, BCG,
cacar air).

- Alergi terhadap telur, hindari imunisasi influenza