Hi mbak Yantie,

Problem di 'sistem saraf' di sini mungkin sekadar Ares lebih banyak belajar
mengordinasi otot bagian mulut/rahang untuk menelan dibanding anak2 lain
yang sebaya dia.  Dan kalau nggak ada indikasi lain, seharusnya dia akan
lebih trampil lagi nantinya.

Coba juga observe, apa Ares terlihat lebih sering buka mulut dalam
beraktivitas sehari-hari?
Kalau mulut dalam keadaan terbuka kan susah untuk menelan ludah, ya?
Observe lagi apa memang ada hubungannya dengan gangguan di saluran napas
(mungkin alergi pernapasan, hidung tersumbat,dll. yang buat dia nggak sadar
sering 'buka' mulutnya supaya lebih nyaman).

Kalau memang ngalamin gangguan di sistem saraf (khusus yang mengatur
kemampuan menelan) agak serius, seharusnya impact-nya juga terlihat lewat
perkembangan Ares dalam bicara, atau pola makannya atau pertumbuhan giginya.
Untuk hal kayak begini, DSA nya yang bisa lakukan pemeriksaan dan diagnosa
lebih lanjut.

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena & Aleta

Kirim email ke