mbak syl,
mumpung lagi ngebahas ngences.... Aresku juga sampai sekarang masih
ngences, umurnya udah 2,6 tahun. Giginya udah banyak, apa berhubungan
dengan sistem syarafnya? kosakatanya sih sudah banyak, kalo aku perhatikan,
dia ngencesnya lebih banyak pada saat dia sedang serius perhatiin sesuatu,
misalnya lagi ngebongkar mainannya...
apa normal ya??

Maaf gak bantuin, malah nanya...

yantie

             "Sylvia
             Radjawane"
             <sylvia.radjawane                                          To
             @gmail.com>               balita-anda@balita-anda.com
                                                                        cc
             04/11/2008 15:50
                                                                   Subject
                                       Re: [balita-anda] Kenapa Bayi
             Please respond to         Ngences?
             [EMAIL PROTECTED]
                a-anda.com

Hi mbak Tira,

Hehe ... iya ya, mitos-nya dulu kalau bayi suka 'drooling', karena ada
keinginan ibunya waktu hamil yang tidak terkabul :)

Mungkin drooling-nya Rayan bisa karena proses teething alias mau tumbuh
gigi.  Biasanya akan hilang sendiri kebiasaan ini.

Bisa juga karena ada sedikit masalah dengan neurological-nya.  Artinya,
karena si kecil belum bisa mengordinasi otot dan sarafnya, khusus dalam hal
menelan ludah. Bukan karena ludahnya 'lebih banyak' dari anak lainnya, tapi
cenderung ke 'skill' nya belum terlalu efisien.

Makin besar usianya, akan hilang juga kok .. apalagi si kecil kan memang
semakin pintar mengunyah dan menelan, sudah mulai tumbuh gigi dan sudah
mulai bicara - itu yang buat dia juga lebih 'jago' buka tutup mulut, 'jago'
juga balikin ludah untuk ditelan -- tidak lagi 'tumpah' ke luar mulut alias
drooling.

Tetap aja siap dengan bib (penutup dada saat makan), supaya ludahnya nggak
bikin iritasi kulit.

'Drooling' berlebihan baru jadi masalah kalau tetap kejadian juga untuk
anak2 yang sudah jauh lebih besar atau dewasa.  Kayaknya harus ada terapi
atau pengobatan khusus untuk mengurangi/menghilangkannya.

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena & Aleta

2008/11/4 Tira <[EMAIL PROTECTED]>

> Dear Parents,
>
> Mau nanya dong, bayi ngences kenapa yah?
> klo mitos bilangnya krn ada keinginan yg ngga keturutan.
> Nah klo penjelasan secara ilmiahnya kenapa yah?
> belum ketemu nih jawabannya.
> Mulai ngencesnya dari umur 2,5 bulan ampe skrg dah hampir 5 bulan + maen
> ludah,
> Terus kira2 sampe kapan yah berhentinya?
> Thank you before.
>
> rgds,
> Bunda Rayan
>
> <deleted>

This e-mail (including any attached documents) is intended only for the
recipient(s) named above.  It may contain  confidential or legally
privileged information and should not be copied or disclosed to, or
otherwise used by, any  other person. If you are not a named recipient,
please contact the sender and delete the e-mail from your system.