Hi mbak Tira,

Saya sendiri belum pernah punya pengalaman lakukan test urine (rutin/kultur)
untuk anak2 saya.  Jadi cuma bisa sekadar share dari hasil baca info/sharing
parents yang lain :)

Firstly, test urine yang dijalani Rayan ini karena observasi mbak dengan
kegiatan BAK nya yang cukup rutin belakangan ini, karena ngalamin
konstipasi, atau memang sudah terdeteksi kemungkinan ISK? Sudah di-observe,
apa memang BAK sering Rayan berbanding lurus dengan konsumsi minumnya?(Apa
masih ASI eksklusif?  Kalau iya, ruang lingkup observasi bisa lebih sedikit
:))
Apa sering keringatan (atau malah jarang) anaknya? (Zat sisa hasil
metabolisme tubuh selain dibuang lewat BAK dan BAB juga lewat keringat)

Saya coba kutip salah satu info tentang gejala ISK (Urinary Tract
Infection/UTI) yang kadang dialamin bayi/anak, ya mbak.

---

http://www.emedicinehealth.com/urinary_tract_infections/article_em.htm.

In newborns, infants, children, and elderly people, the classic symptoms of
a urinary tract infection may not be present. Other symptoms may
indicate<http://www.emedicinehealth.com/script/main/art.asp?articlekey=32544>a
urinary tract infection.

   - Newborns -
Fever<http://www.emedicinehealth.com/script/main/art.asp?articlekey=58632>or

hypothermia<http://www.emedicinehealth.com/script/main/art.asp?articlekey=59291>(low
temperature), poor feeding,
   jaundice<http://www.emedicinehealth.com/script/main/art.asp?articlekey=4070>
   - Infants - Vomiting,
diarrhea<http://www.emedicinehealth.com/script/main/art.asp?articlekey=59276>,
   fever, poor feeding, not thriving
   - Children - Irritability, eating poorly, unexplained fever that doesn't
   go away, loss of bowel control, loose bowels, change in urination pattern
   - Elderly people - Fever or hypothermia, poor appetite,
lethargy<http://www.emedicinehealth.com/script/main/art.asp?articlekey=4138>,
   change in mental status

---
Apa memang Rayan juga ngalamin salah satu dari ciri ISK seperti point di
atas?

Other issue, selain ada indikasi darah samar dalam hasil test sample urine
Rayan, apa memang items lainnya juga menunjukkan adanya infeksi bakteri?
Mis. dari hasil test tsb., hasil albumin (protein), nitrit, lekosit,
urobilinogen-nya juga (+) dibanding level normalnya?  Gimana dengan level
glukosa, bilirubin dan ketonnya?  Ketiga items ini umumnya akan (-) untuk
urine yang normal.

Kalau memang terdeteksi ada infeksi bakteri, test urin kultur ini logisnya
juga sekalian menyertakan test resistansi AB (antibiotik), so dari hasil
kultur nanti ketahuan jenis bakteri yang jadi penyebabnya dan dokter bisa
memilih jenis AB mana yang cocok untuk menumpas kuman tsb (biasanya dipilih
dulu yang 'ringan' kelas AB-nya - sesuai dengan jenis bakteri 'biang kerok'
nya, dan sesuai takaran dosisnya untuk usia 'pasien')

Berharap dokter Rayan memang sudah mempertimbangkan ini pula sebelum
meresepkan_Clavamox_ (broad-spectrum antibiotic), yang asumsi saya, mungkin
ini jenis AB pertama yang dikonsumsi Rayan di usia 5 bulan ini, ya mbak?
Detil tentang obat ini mbak bisa lihat di link: www.medicastore.com. Tadi
saya baca sekilas, dosis obat ini ditujukan untuk anak usia 7 bulan ke atas.

Anyway, coba tetap observe pola BAK Rayan.
Test lab urine hanya salah satu penunjang dari diagnosa dokter.  Usahakan
juga dapatkan pemeriksaan fisik yang tepat, supaya jelas memang penyebabnya
itu ISK, atau phimosis, atau gejala lainnya yang mungkin belum tentu
mengindikasikan suatu penyakit.

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena & Aleta

<deleted>