Umur berapa ya, bayi or anak bisa mulai diajarkan toilet training...?
Anak saya br 8 bln, pengasuhnya pengen mulai toilet training...
Apakah sudah memungkinkan?

-----Original Message-----
From: Tira [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: 11 Desember 2008 8:53
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] Pengaruh Pemakaian Diapers

Dear Bundanya Honey,

Efek yg langsung berasa : Mahal, he..he..
Efek lain, masih dlm perdebatan pro & kontra,
Yg kontra berpendapat : (utk bayi laki2) bisa menghambat pertumbuhan
P*n*s-nya krn pori2 udara yg tertutup & tertekan krn tebalnya diapers,
di
kemudian hari dikuatirkan bisa membuat impotensi.
Tapi ada yg menentang dgn mengatakan bahwa tidak terbukti krn bayi belum

memproduksi sperma.
Sementara yg pro, berpendapat bahwa sepanjang pemakaiannya benar, ngga
ada
masalah.
Yg penting :
* rutin diganti setiap 4 jam, Bila sudah penuh walopun blm 4 jam, harus
segera diganti, apalagi klo BAB.
* Klo dananya lebih, lebih baik pilih yg pants, krn karetnya lbh elastis
shg
perutnya tdk tertekan,
selain itu, utk bayi yg sedang merangkak & ngga bisa diem, ini lebih
mudah
dipakaikan.
dan cari yg breatable pore, shg ada sirkulasi udara.
* pilih yg bahannya soft, sehingga nyaman utk bayi & mengurangi iritasi.

Pernah saya baca di tabloid anak, tapi saya lupa apa namanya,
Menurut artikel tsb, lebih baik dikurangi pemakaian diapersnya dgn
diajarkan
toilet training sedini mungkin,
supaya melatih kepekaan anak & mengurangi kebiasaan ngompol anak di saat

besar nanti.

Semoga ngga bikin tambah bingung, he..he...

warm rgds,
Bunda Rayan