Bantu jawab yah, tolong dikoreksi jika ada salah :)

1. Mengenai IPD
Berarti anak Mba dpt imunisasi IPD primary dose nya saat usia 15 bulan yah.
Utk anak usia 12 - 24 bulan, imunisasi yg diberikan hanya utk primary dose nya
sebanyak 2 kali & tdk perlu booster.
Diare & flu tdk menghalangi utk imunisasi, kecuali ada riwayat reaksi alergi
terhadap imunisasi Dipteria (DPT), maka tidak diberikan imunisasi IPD jenis
Prevenar (kontraindikasi), karena dalam Prevenar ada kandungan varian dari
Diphteria toxin (sebagai protein-carrier).
Lebih detail ttg kpn hrs menunda imunisasi, as below..

KAPAN IMUNISASI DITUNDA*
Tulisan ini bahan buku imunisasi yg diambil dari berbagai sumber, WHO, AAP, IDAI

Indikasi kontra imunisasi.
Pada dasarnya, sedikit sekali kondisi yang menyebabkan imunisasi harus ditunda.
Pilek, batuk, suhu sedikit meningkat, bukan halangan untuk imunisasi.

Beberapa kondisi di bawah ini bukan halangan untuk imunisasi:
- Gangguan saluran napas atas atau gangguan saluran cerna ringan
- Riwayat efek samping imunisasi dalam keluarga.
- Riwayat kejang dalam keluarga.
- Riwayat kejang demam
- Riwayat penyakit infeksi terdahulu
- Kontak dengan penderita suatu penyakit infeksi
- Kelainan saraf menetap seperti palsi serebral, sindrom Down
- Eksim dan kelainan lokal di kulit
- Penyakit kronis (jantung, paru, penyakit metabolik)
- Terapi antibiotika; terapi steroid topikal (terapi lokal, kulit, mata)
- Riwayat kuning pada masa neonatus atau beberapa hari setelah lahir
- Berat lahir rendah
- Ibu si anak sedang hamil
- Usia anak melebihi usia rekomendasi imunisasi

Kondisi dimana imunisasi tidak dapat diberikan atau imunisasi boleh ditunda:
- Sakit berat dan akut; Demam tinggi;
- Reaksi alergi yang berat atau reaksi anafilaktik;
- Bila anak menderita gangguan sistem imun berat (sedang menjalani terapi
steroid jangka lama, HIV) tidak boleh diberi vaksin hidup (polio oral,
MMR, BCG,
cacar air).
- Alergi terhadap telur, hindari imunisasi influenza

2. Paracetamol vs ibuprofen
http://www.sehatgroup.web.id/artikel/1082.asp?FNM=1082
Penurun panas yg paling aman utk anak adl parasetamol.
Itupun diberikan jika anak benar2 rewel & ga nyaman.
Parasetamol adalah obat pilihan pada anak-anak. Dosisnya sebesar
10-15mg/kg/kali.
Parasetamol dikonjugasikan di hati menjadi turunan sulfat dan glukoronida,
tetapi ada sebagian kecil dimetabolisme membentuk intermedietaril yang
hepatotoksik (menjadi racun untuk hati) jika jumlah zat hepatotoksik ini
melebihi kapasitas hati untuk
memetabolismenya dengan glutation atau sulfidril lainnya (lebih dari 150
mg/kg). Maka sebaiknya tablet 500 mg tidak diberikan pada anak-anak (misalnya
pemberian tiga kali     tablet 500 mg dapat membahayakan  bayi dengan berat
badan di bawah 10 kg). Kemasan berupa sirup 60 ml lebih aman.

Sedangkan ibuprofen masuk dlm kategori Obat Anti Inflamasi Non Steroid (OAINS).
Jenis OAINS yang paling sering digunakan pada anak adalah ibuprofen. Dosis
sebesar 5-10 mg/kg/kali mempunyai efektifitas antipiretik yang setara dengan
aspirin atau parasetamol. Sama halnya dengan aspirin dan OAINS lainnya,
ibuprofen bisa
menyebabkan ulkus lambung, perdarahan, dan perforasi, meskipun komplikasi ini
jarang pada anak-anak. Ibuprofen juga tidak direkomendasikan untuk anak demam
yang mengalami diare dengan atau tanpa muntah.

Jadi gunakan parasetamol aja jika anak demam, krn lebih aman. Mudah2an membantu
& maaf jika ada salah kata

Irma