hallo mbak Ophy :)
selamat atas kehamilannya ya :D seneng ya hamil, pengen deh hamil lagi
huhuhu
eh kok malah curhat...

aku belum bisa sharing ttg TORCHnya ya
tapi mau berbagi opini ttg obat2an selama hamil :)

bahkan apapun yg dimakan sang mama, pasti akan efek ke janinnya... obat2an
juga termasuk...
obat penguat, vitamin ataupun suplemen selama hamil yg diberikan dokter
pastinya sudha melalui pertimbangan dari dokter itu sendiri (dan diharapkan
juga sudah dipertimbangkan oleh mbak, sudha konsultasi apa isi obatnya dan
manfaatnya?)

pemberian obat harus dikembalikan pada risk dan benefitnya... semua obat
pasti ada resiko negatifnya (efek samping dan kontraindikasi)... tapi kalau
benefitnya masih lebih tinggi daripada resikonya, maka akan tetap
diberikan...

sebaliknya, meskipun resiko obat tersebut sangat rendah/ringan, tapi kalau
memang tidak ada benefit, ya sebaiknya jangan dikonsumsi... yuk mulai
belajar menggunakan obat secara Rasional (tidak berlebihan, dan sesuai
kebutuhan)... aku siy dah prohatin ama kondisi pengobatan di Indonesia...
(duh dah kayak expert aja ya aku, padahal sama2 pasien)

skg bisa dimulai dengan cari tahu apa isi kandungan obat, lalu cari apa efek
samping obat tersebut? dan apa manfaatnya?

semoga mbak dan babynya selalu sehat dan selalu lancar sampai kelahiran
nanti :)
amin :)

Kirim email ke