halo mbak fiona.

prinsip dasarnya adalah:
1. antibiotika digunakan dan akan efektif bekerja pada penyakit yang
disebabkan oleh bakteri (inget ya, bakteri, bukan virus).
2. jika memang u/ penyakit akibat bakteri, maka memang benar bahwa
antibiotika harus dihabiskan sesuai dengan dosis yang diberikan,
supaya bakterinya tidak menjadi resisten/kebal
3. nah, penyakit apa siy yang penyebabnya bakteri? misal: tbc, typhus, disentri

kalau sudah pegang pedoman dasarnya, jadinya gak bingung lagi kalau
disodori antibiotika sama dokter.

nah, sekarang ttg batuk. batuk itu 90% penyebabnya adalah virus. virus
ini bukan bakteri, dia bukan makhluk hidup. nah, apakah tepat jika
treatmentnya adalah antibiotika? bisa kejawab sendiri dong ya,
pertanyaan mbak fiona.

kalau ditotal, anak mbak dikasih gak cuma 3 macam obat lho. tapi 9
obat!! apa gak terlalu berlebihan tuh? kebayang gak, betapa ngos2annya
ginjal dan hati si anak u/ mengurai obat2an itu.

jika memang diindikasi batuknya karena alergi, coba ditelusuri, alergi
karena apa ya. kalau sudah ketahuan, jauhkan dari pencetus alerginya.
cuaca memang sedang kurang mendukung, jadi sebenarnya wajar jika
batuknya agak lama.

batuknya gak sembuh2 itu, sudah berapa lama? kakak2nya batuk juga gak?