Mbak Risma terima kasih banyak untuk penjelasannnya ....and semua mommy
tentunya.
----- Original Message -----
From: "risma" <bunda_fa...@yahoo.com>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Friday, March 13, 2009 12:04 PM
Subject: RE: [balita-anda] SPT

Moms,

Istri yang bekerja...punya NPWP jadi satu dgn suami atw mau punya sendiri
gak masalah.
Gak berefek negatif sama pembayaran pajaknya...dlm arti hak utk dapet
pengurangan PTKP ya sam2 aja jumlahnya...gak makin besar juga gak makin
kecil.

Efeknya cuma pada 1 hal...bikin SPT.

Kalo NPWP gabung sama suami...yg bikin SPT ya suami aja.
kalo istri kerja kantoran...penghasilan dan PTKP gak digabungin sama suami
Kan si istriudah dapet bukti potong dr kantornya sendiri....yg berarti PPh
21 atas gajinya udah dipotong kantor dan PTKP-nya juga udah diperhitungkan
sama kantor.
Jelasnya PTKP suami 13.200.000 + status kawin 1.200.000
PTKP istri 13.200.000 udah diperhitungkan sama kantor si istri...jd jgn
dimasukin lagi biar gak dobel pengurangan.

Tapi kalo Istri usaha bebas...bukan kantoran...penghasilan istri digabungin
ke penghasilan suami dan PTKP suami ditambahkan utk istri bekerja...yg
besarnya sama dgn PTKP suami, Rp 13.200.000 utk thn 2008.
Jelasnya PTKP suami 13.200.000 + status kawin Rp 1.200.000 + PTKP istri
usaha bebas Rp 13.200.000...total sendiri ya.

So...PTKP sama aja kan totalnya.

Kalo istri NPWP sendiri....resikonya ya istri bikin SPT sendiri.
PTKP sama aja dgn diatas...gak ngaruh.

Yang penting PTKP anak2....@ 1.200.000 maksumal 3 anak.
Ini harusnya ada di SPT suami....bukan di SPT istri.
Juga gak boleh dobel...di suami ada di istri ada....gak boleh tuh.

Buat ibu2 yg udah terlanjur punya NPWP sendiri dan punya keinginan utk
digabungin sama suami.....
Dateng ke kantor pajak ybs...bilang mau gabung dgn suami.
Bwa fotokopi ktp dan fotokopi NPWP suami.
Setelah NPWP yg gabungan suami jadi...NPWP yg atas nama sendiri minta
dihapus.

Moga jelas
-risma-

--- On Fri, 3/13/09, Rizqiyah, Ummi-Lailatul