Ssiipppp m' Irma....
Makanya ndak mudah diagnose tbc pada anak...

-----Original Message-----
From: Irma Sri Aryani [mailto:irma.ary...@id.panasonic.com]
Sent: Monday, March 16, 2009 2:30 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: RE: [balita-anda] Rontgen Paru untuk Anak batita

Mom, kl diagnosa dokter mengarah ke flek paru ato tbc, maka kelompok kerja TBC
anak (IDAI, Depkes & WHO) mengembangkan
tabel skoring TBC, dimana didalamnya terdapat 8 parameter yaitu:

1. Kontak dengan penderita TB
2. Uji Tuberkolin/ Tes Mantoux
3. Berat badan anak berdasarkan KMS
4. Demam tanpa sebab jelas
5. Batuk berkepanjangan
6. Pembesaran kelenjar di sekitar leher
7. Pembengkakan tulang/sendi panggul, lutut
8. Foto rontgen

Didalam tabel, setiap parameter ada skornya masing2. misalnya untuk
parameter no. 5, bila batuk kurang dr 3 minggu maka 0 poin tapi bila lbh dr
3 minggu 1 poin. Anak dikatakan positif TB bila skor dari ke-8 parameter di
atas adalah MINIMAL 6 POIN, maka perlu OAT (Obat Anti TBC) yang biasanya
terdiri dr 3 jenis obat (INH, rifampisin & pyrazinamide).

Namun bila poinnya kurang dr 6, tetapi diketahui ada kontak dgn penderita
TBC dgn BTA positif (parameter no. 1), maka perlu diberikan INH profilaksis.

Jadi karena memang diagnosa TBC pd anak sulit, maka musti melihat banyak
aspek....tapi sayangnya banyak dokter yg mendiagnosa TBC pd anak hanya
berdasarkan foto rongent dan tes darah saja, dimana bobot nilainya rendah.

Utk tabel skoring TBC, aku kirim japri ya, krn formatnya .ppt, hehe...

Semoga ga ada yg perlu dikuatirkan..

Irma