moms, saya termasuk member pasif milis BA. saya lagi butuh masukan dari BA-ers
sekalian. terima kasih sebelumnya.

sekitar 2 minggu yang lalu Satrio (1 th 3 bln) susu nya saya alihkan ke UHT,
alhamdulillah waktu dicoba dia langsung mau dan yg penting ga diare dan ga
alergi. krn selama ini dia minum susu formula HA.
tp hari rabu malam sekitar jam 10 an dia tiba2 bangun dan minta pup. tp setelah
sekitar kurang lebih 30 mnt dia ngeden2 tp pup nya ga keluar juga. sambil
nangis itu yang bikin saya ga tega mau pup aja kok susah. di hari kamis kemarin
hal ini berulang beberapa kali. setelah saya cek ke pengasuhnya ternyata pada
hari rabu nya dia seharian ga pup padahal biasanya tiap hari 1-2 kali pup.
sudah saya kasih pisang ma pepaya juga ga ngaruh. sama tetangga disarankan
minum air putih dikasih gula pasir tetap ga ngaruh juga.
setelah tanya ke adik ipar, disarankan pakai mikrolac (pencahar yg dimasukin
lewat anus) 1/2 dosis. karena beberapa hari sebelumnya anaknya jg mengalami pup
keras. setelah ditanyakan ke DSA dianjurkan dikasih mikrolac itu dan 5 mnt kmdn
sudah bereaksi. tp ketika Satrio saya kasih mikrolac sekitar jam 5 sore,
ditunggu kok lama reaksinya. baru sekitar jam 8 malam dia minta pup tp tetep
cuma keluar sedikit itupun setelah ngeden2 sambil nangis terus. jam 10 ma jam 1
malem juga bangun minta pup. akhirnya td pagi sepertinya dia baru merasa lebih
lega karena pup nya udah lebih banyak yg keluar meskipun bongkahan2 keluarnya.
dan udah ga terlalu rewel lagi kaya hari kamisnya, udah mau maen lagi.

dari penjelasan yg panjang di atas (maaf...) yg saya mau tanyakan apa memang
ada pengaruhnya susu UHT bikin pup keras ?? apa moms yg lain ada yg ngalami hal
yg sama ??? mohon bantuan masukannya...
untuk catatan, Satrio makannya udah makanan keluarga. tiap hari makan 2 buah
jeruk karena ini yg paling dia suka. kadang2 pisang, melon ma pepaya. alpukat
dia ga suka.

maaf klo terlalu panjang,

terima kasih,
wiwied (bunda Satrio)