From: whied's [mailto:whieds0...@yahoo.com]
Sent: Friday, May 22, 2009 9:03 AM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: [balita-anda] susu UHT dan pup keras

moms, saya termasuk member pasif milis BA. saya lagi butuh masukan dari
BA-ers sekalian. terima kasih sebelumnya.

sekitar 2 minggu yang lalu Satrio (1 th 3 bln) susu nya saya alihkan ke
UHT, alhamdulillah waktu dicoba dia langsung mau dan yg penting ga diare
dan ga alergi. krn selama ini dia minum susu formula HA.
tp hari rabu malam sekitar jam 10 an dia tiba2 bangun dan minta pup. tp
setelah sekitar kurang lebih 30 mnt dia ngeden2 tp pup nya ga keluar
juga. sambil nangis itu yang bikin saya ga tega mau pup aja kok susah.
di hari kamis kemarin hal ini berulang beberapa kali. setelah saya cek
ke pengasuhnya ternyata pada hari rabu nya dia seharian ga pup padahal
biasanya tiap hari 1-2 kali pup. sudah saya kasih pisang ma pepaya juga
ga ngaruh. sama tetangga disarankan minum air putih dikasih gula pasir
tetap ga ngaruh juga.
setelah tanya ke adik ipar, disarankan pakai mikrolac (pencahar yg
dimasukin lewat anus) 1/2 dosis. karena beberapa hari sebelumnya anaknya
jg mengalami pup keras. setelah ditanyakan ke DSA dianjurkan dikasih
mikrolac itu dan 5 mnt kmdn sudah bereaksi. tp ketika Satrio saya kasih
mikrolac sekitar jam 5 sore, ditunggu kok lama reaksinya. baru sekitar
jam 8 malam dia minta pup tp tetep cuma keluar sedikit itupun setelah
ngeden2 sambil nangis terus. jam 10 ma jam 1 malem juga bangun minta
pup. akhirnya td pagi sepertinya dia baru merasa lebih lega karena pup
nya udah lebih banyak yg keluar meskipun bongkahan2 keluarnya. dan udah
ga terlalu rewel lagi kaya hari kamisnya, udah mau maen lagi.

dari penjelasan yg panjang di atas (maaf...) yg saya mau tanyakan apa
memang ada pengaruhnya susu UHT bikin pup keras ?? apa moms yg lain ada
yg ngalami hal yg sama ??? mohon bantuan masukannya...
untuk catatan, Satrio makannya udah makanan keluarga. tiap hari makan 2
buah jeruk karena ini yg paling dia suka. kadang2 pisang, melon ma
pepaya. alpukat dia ga suka.

maaf klo terlalu panjang,

terima kasih,
wiwied (bunda Satrio)