Hi mbak Dewi,

Kalau masih kasih ASI, persering pemberian ASI-nya mbak.  Ini termasuk cara
jitu untuk menyembuhkan batuk pilek anak :)

Karena sudah usia 6 bulan, berarti sudah kenal MPASI alias makanan/minuman
pendamping ASI.  Jadi bisa pakai treatment dengan konsumsi air putih
hangat.  Sedikit2 porsinya, tapi dipersering frekuensinya.  Air putih hangat
bagus nggak saja untuk batuk pilek bayi tapi untuk bat-pil segala usia.

Monitor lagi kondisi di rumah, ada yang sedang batuk pilek juga, nggak?
Kalau ada yang sedang batuk/pilek, apalagi yang kontak langsung dengan bayi
mbak, otomatis 'virus' bat-pil nya 'beredar' terus di rumah: yang daya tahan
tubuhnya bagus mungkin nggak tertular, tapi untuk anak2 kadang jadi
memperlama sakit batuk/pileknya.  Kalau memang ada, selain observe terus
bat-pil anak mbak, minta orang rumah lainnya yang sedang sakit untuk segera
'sembuh' dengan makan-minum-istirahat-cuci tangan teratur, kalau diperlukan
pakai masker untuk meminimalisasi daya tular.

Tiap pagi, kalau sinar matahari lagi 'bagus', ambil waktu sedikit untuk
jemur badan si kecil. (Waktu pasca persalinan saya yang kemarin ini, info
dari suster nya sih: bayi berjemur bila perlu tidak langsung di luar rumah,
tapi di dalam rumah dekat jendela, dapat sinar matahari tidak langsung tapi
lewat 'mediator' kaca jendela -- mengingat issue global warming etc.)

Kalau memang ngalamin batuk/pilek yang lebih sering waktu tidur malam,
siasati dengan: olesi punggung/badannya dengan _Transpulmin Baby_ atau
minyak oles lainnya (sesuai dengan sensitifitas kulit si kecil), tidur
dengan posisi kepala lebih tinggi, posisikan tidur miring atau tengkurap
untuk bantu pernapasan baby yang mungkin nggak nyaman karena bat-pil.

Home-treatment seperti di atas (plus observasi) masih tetap bisa diandalkan
untuk pengobatan bat-pil anak.  Upayakan untuk tidak 'dikenalkan' dulu
dengan obat-obatan karena bat-pil baby semacam ini umumnya infeksi virus
yang tidak ada obatnya selain daya tahan tubuh, juga lumrah dialami oleh
balita kita (so, siap2 saja kejadian seperti ini akan terus berulang selama
masa kanak2nya :)) Please note, home treatment semacam ini punya 'khasiat'
seperti 'obat batuk-pilek'  tapi tidak perlu memasukkan chemicals (apalagi
yang tidak perlu) ke dalam tubuh si kecil :)).

Kiat2 di atas bisa dicoba dulu mbak,  at least  treatment seperti ini sudah
sering sekali saya lakukan untuk anak2 saya sejak mereka bayi ... and it did
work! :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke