dear all,

kl apolar gimana? ada efeknya gak ya?
dari bayi amaar pake itu soalnya...
dan biasanya berhasil ngilangin ruam di pipi, bekas gigitan nyamuk,
bahkan iritasi sekitar anus akibat pup yang keras.
masalahnya aku gak pernah cari tau boleh gak nya...
cuma karena dulu pernah disaranin dokter pake tipis2,
jd aku pake terus deh...
thx 4 sharing ya...

rgds,

Mamanya Amaar

dulu sih waktu andra bayi..pernah ngalamin juga bintik2 merah kena ASI,
dulu pernah diinfo sama jeng boedoet, kalo itu akan hilang dengan
sendirinya asal setiap mik susu pipi selalu dilap dengan kain basah or
tissu lah..akhirnya nurut tapi sambil dikasih Apolar juga..dikit tapina..

Gopina Goham <alfin.b...@gmail.com>
07/27/2009 08:03 AM
Please respond to
balita-anda@balita-anda.com

balita-anda@balita-anda.com
cc

Subject
Re: [balita-anda] tanya : ruam di pipi bayi

Elocon ini steroid, din. jadi pemakaiannya harus hati2 juga, karena
ada efek sampingnya.

gw nemu link yang mayan informatif.

http://www.tanyadokter.com/consultation-topic.asp?zona=CONS&discussionID=63215&discussionTypeID=11

CONSULTATION TOPIC : OVERDOSE TOPICAL STEROID

From            Message
veronicajs              Posted : 10/4/2008 10:28:47 PM

Yth. Dokter

Saya ingin menanyakan mengenai overdose topical steroid.
dulu sy pernah ke doketr kulit unt menghilangkan jerawat, ternyta
obatnya tdk cocok buat saya malah seluruh muka jd merah, bintik2, dan
gatal. Saya iseng2 coba pakai elocon. ternyata dlm 3 hari iritasi
tersebut hilang termasuk jg jerawat saya. Karena kurangnya pengetahuan
saya dan tidak konsultasi ke dokter, sy meneruskan penggunaan elocon
tersebut smp hampir 1 tahun. Saya akhirnya menghentikannya karena saya
merasa kulit saya menipis dan mudah merah, serta ada jerawatnya lg.
sudah kira2 6 bulanan saya hentikan. Selama saya hentikan itu saya
menghadapi masalah bentol2 merah yang gatal sekali, bentol tersebut
bukan jerawat, spt digigit nyamuk tp gatal dan lbh merah. Saya sudah
konsultasi ke dokter dan diberi protopic unt menanggulanginya. Kalau
setiap malam pakai protopic bentol2 tersebut akan hilang. Tp kalau tdk
pakai akan muncul kembali. Hari ini saya browsing mengenai elocon, dan
walaupun terlambat, sy akhirnya tahu bahwa saya mengalami overdose
topical steroid. Ciri2nya persisi seperti yang saya alami saat ini.
Yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana mengatasi overdose tersebut,
mengingat saya sdh browsing tp tdk ada cara unt mengatasinya.
Termakasih.

dr. Grace NS Wardhana, Sp.KK            Posted : 10/4/2008 11:43:31 PM
Hallo Vero,
Memang benar, penggunaan kortikosteroid jangka panjang, meskipun hanya
berbentuk kortikosteroid topikal (olesan), tetap mempunyai efek
samping.
Kortikosteroid topikal digolongkan atas 7 kelompok, mulai dari
tingkatan yang ringan / potensi lemah (golongan VII) hingga yang
memiliki potensi sangat kuat / super poten (golongan I). Lama
pemakaian steroid potensi lemah adalah 4-6 minggu, sedangkan potensi
kuat tidak boleh lebih dari 2 minggu.
Elocon jenis apa yang Vero gunakan? Bila Elocon berbentuk salep
(ointment) maka masuk dalam golongan II (potensi kuat). Bila jenis
yang cream atau lotion maka masuk dalam golongan IV (potensi menengah
/ medium).

Penggunaan steroid topikal jangka panjang dapat menimbulkan efek
samping seperti ATROFI (kulit lisut / menipis), STRIAE ATROFISE
(garis2 seperti stretchmark), TELANGIEKTASIS (pelebaran kapiler
pembuluh darah, tampak seperti `urat`2 halus di kulit), PURPURA
(bercak merah speperti gigitan nyamuk namun lebih merah), DERMATOSIS
AKNEIFORMIS (kelainan kulit menyerupai jerawat), HIPERTRIKOSIS
(pertumbuhan rambut / bulu2 di kulit semakin banyak), HIPOPIGMENTASI
(bercak putih pada kulit), DERMATITS PERIORAL (peradangan kulit
sekitar mulut), KULIT RENTAN INFEKSI JAMUR / BAKTERI / VIRUS, dsb.

Efek samping diatas ada yang masih dapat disembuhkan namun ada pula
yang menetap / tidak dapat dihilangkan. Yang masih dapat dihilangkan
antara lain Telangiektasis dan purpura. Keduanya dapat dihilangkan
dengan menggunakan Pulse Dye Laser (contohnya dengan Laser V Beam).
Laser jenis ini dikerjakan oleh dokter spesialis kulit. Dermatosis
Akneiformis juga masih dapat diterapi. Sebaiknya Vero periksakan
dahulu kelainan kulit yang terjadi. OK? Jangan cemas lagi ya..

Jawaban ini dimaksudkan hanya untuk membantu anda mengetahui lebih
jauh mengenai kondisi medis anda dan bukan untuk menggantikan
konsultasi dokter secara tatap muka langsung. Kami tetap menyarankan
anda untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter anda untuk
pemeriksaan fisik yang lebih lengkap dan pengobatan yang tepat jika
keluhan anda memang membutuhkan penanganan dokter secara langsung.