Hi mbak Imelda,

Sedikit nambahin dari yang sudah di-shared lengkap oleh jeng Melisa:

Virus mumps ini memang punya daya tular aktif yang bekerja justru beberapa
waktu sebelum gejala pipi (atau bagian leher dekat telinga) membengkak.
Karena memang kelenjar ludah sedang mengalami 'gangguan', 'produk' nya
berupa percikan ludah yang jadi mediator 'ampuh' untuk menyebarkan virus ke
lingkungan sekitar.

Daya tular yang sudah 'on' entah sejak kapan ini yang buat kita perlu tetap
antisipasi dengan perkuat daya tahan tubuh agar tidak tertular, kalau ada
orang di rumah yang sedang ngalamin mumps.  Karena memang sumber infeksinya
virus, nggak ada obat yang bisa menyembuhkan selain daya tahan tubuh yang
kuat.

Untuk kasus mbak Imelda yang sedang hamil, tubuh mbak akan punya antibodi
kalau mbak dulu pernah ngalamin gondongan juga atau pernah di-vaksinasi.
Sebaliknya kalau belum pernah, seperti yang sudah di-shared jeng Melisa,
perkuat daya tahan tubuh mbak.

Vaksinasi MMR memang tidak bisa diberikan pada ibu hamil (atau yang punya
rencana hamil beberapa minggu ke depan).  Untuk Marsel, konsultasikan saja
dengan dokternya, kapan tepatnya dia bisa dapat vaksinasi MMR lanjutan.
Refer to jadwal imunisasi, usia 6 tahunan nanti seharusnya Marcel bisa
dijadwalkan untuk imunisasi MMR lanjutan dan imunisasi Campak lanjutan
(nanti kalau adiknya Marcel sudah lahir, jangan lupa sisihkan waktu untuk
imunisasi MMR si kecil usia 15 bulanan nanti ya, mbak :))

Walaupun jurnal kesehatan mengindikasikan adanya rasio tertentu untuk ibu
hamil (trimester pertama) yang menderita mumps dan mengalami resiko
keguguran, masih tetap ada kemungkinan untuk ibu hamil menjalani kehamilan
dan persalinannya dengan sehat dan lancar :)  Coba konsultasikan issue ini
dengan DSOG-nya saat check rutin nanti ya, mbak.  Hanya cermati kalau mbak
merasa agak sakit saat menelan atau membuka mulut dan juga mungkin disertai
demam.

Diare berhari-hari kayaknya bukan termasuk gejala mbak terpapar virus
mumps.  Tapi ini juga pertanda stamina tubuh mbak sedang kurang fit. Nggak
heran, karena mungkin selain sedang hamil, taking care anak dan suami yang
sedang sakit pasti menguras energi.  Coba upayakan untuk makan/minum bergizi
dan istirahat teratur.

Semoga mbak sekeluarga cepat pulih dan bisa segera menikmati liburan di
depan mata ya :)

Take care,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke