Dear mba Fenty

Waktu aku hamil dl, dr bilang, supaya posisi kepala anak di bawah (mengarah ke
jln lahir) disarankan sering2 nungging. Kr kebetulan aku ga sempet senam hamil,
jd waktu sholat, sujudnya aku lambatin bacaan sholatnya.

Kalo posisi kepala udah dibawah, disarankan untuk sering2 duduk sila. Nah,
untuk ikutin saran dr, aku baca Al Qur'annya duduk sila. Lumayan tuh tiap hari
duduk sila kurang lebih 2 jam.. Sekalian, belajar mengatur napas utk melahirkan
nanti..

Posisi anak udh oke, siap lahir..
Tapi belum ada tanda2 mau lahiran, padahal udah melampaui jadwal yg
diperkirakan dr untuk lahir.
Aku cek ke dr..
Sama dr diliat kondisi placenta, tali pusat, dan saraf otak n oksigen si anak.
Kalo masih oke, kita bs tunggu 1 ato 2 hr utk dpt melahirkan secara  normal.
Nah kalo udah ga, oke.. Dr saranin untuk segera masuk RS, dg treatment 18 jam
diinduksi. Setiap 6 jam dikasih suntikan ato obat utk merangsang mules, supaya
bisa melahirkan normal. Tapi kalo udah lewat 18 jam, tindakannya cesar.

Untuk kasusku,
Anak pertama saraf oksigennya udh ga bgs, jd aku msk rumah sakit besoknya.
Alhamdulillah bisa lahir normal. Tapi aku ga sempet diinduksi, kr jam 2 pg udah
ada kontraksi n flex darah. Aku melahirkan jam 3.30 sore.
Kondisi anak saat ini, sehat n pintar, udah usia 9 tahun

Kalo anak kedua, placentanya udah ga bgs..
Mulai konstraksi jam 11 malam, tanpa diinduksi, Alhamdulillah lahir normal.
Kondisi anak jg sehat n pintar, udh 7 tahun

Aku ga mau diinduksi, kr katanya induksi sakit banget. Jd setelah konsultasi ke
dr, n denger treatment dr sepeti apa,
Aku banyak berdoa n sholat aja, minta sama Allah dilancarkan semuanya..
Alhamdulillah, semuanya lancar.

Intinya mba, konsultasi ke dr, banyak doa n ibadah. Insya Allah, semuanya baik2
aja.

Semoga bisa membantu
Best Regard
Bunda Fadh