Thanks banget mba Melisa...
Aq juga biasa observe sampai 3hr klo ga turun itu yg buat paniks :-)

Mau dong yg msh punya filenya,makasih y seblmnya.

From: melisa oktavia <melisaokta...@gmail.com>
Date: Wed, 20 Jan 2010 16:59:37
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Subject: Re: [balita-anda] Antibiotik n vitamin
Mba Eva

Yang penting, kuasai ilmu medis dasar penanganan penyakit umum pada
anak-anak. Yang punya file-nya tolong dong di japrii ke mba Eva,...gw
punya dah ilang heheheh

Panas tinggi itu gak berbahaya, Mba. Itu cuman gejala tubuh sedang
terserang benda asing, sistem alarm tubuh itu mba. Yang bahaya itu
kalo panas sudah lebih dari 72 jam menerus atau naik turun, kondisi
lemas berat, dan dehidrasi, itu baru butuh penanganan intensif.

Kondisi penyakit umum, batuk, pilek, demam, diare pada anak kebanyakan
disebabkan oleh virus. Itu bisa ditanganin dengan home treatment. Gak
perlu AB. Bisa diberikan obat yg symptomatis (meredakan gejala supaya
bikin nyaman) aja, atau cara2 tradisional.

Semua penjelasan dan pengananan ini lengkap di file, kalau mau
dijelasin disini bakal panjang banget mba. Atau kalo mau lebih jelas
bisa join ke milis sehat di yahoogroup mba, nanti akan dapet file-nya
dan bisa ngikuti pembahasan lebih lanjut tentang macam2 penyakit anak.

Lalu soal antibiotik, sebenernya antibiotik itu efek samping paling
berbahayanya adalah retensi. Jadi jika minum AB yg level medium udah
gak mempan, terpaksa harus minum yg level keras baru bisa bekerja.
Tapi jika dalam jangka panjang enggak minum AB, tubuh kembali
membentuk antibodi yg kuat. Next time kalo bener2 terserang bakteri
dan butuh AB, biasanya dengan yg narrow spectrum aja dah bisa bekerja
dg baik.

Anak usia prasekolah itu emang rawan tertular penyakit di sekolah.
Tapi gak usah khawatir mba, semua anak begitu, anak saya juga.
Biasakan mencuci tangan dg sabun selalu, it's really help ;)