Mmmm..

pengalamanku pribadi ya...

sehabis melahirkan aku rawat anakku ya tanpa suster, alias semua aku lakukan
sendiri. kecuali cuci baju ya.. cuman kondisi orang juga lain2.

1. kita jangan mandi pakai air dingin, trus kalau cuci2 botol kan selalu
pakai air dingin eh efek ke tanganku tuh hingga siku jadi mati rasa... 6
bulan after lahiran saya ampe kemana2 cari tukang refleksi dsb... tetep mati
rasa. alhamdulillah sekarnag udah tidak. Hal ini mungkin setelah melahirkan
kan kita pegangan besi tempat tidur kenceng banget jadinya ya... peredaran
darah tidak lancar...
Kalau orang Chinese malah gak boleh keramas sampai 40 hari maka ada namanya
shampo kering.

2. kalau mengambil barang yang jatuh, sebaiknya tidak menunduk, tapi
setengah jongkok dengan posisi punggung lurus.. ya supaya gak pegal aja..
namanya juga abis lahiran, kondisi tulang yang renggang bikin rentan pegal
ataupun salah urat.

3. perut memang sebaiknya dipakaiin stagen, menurut aku ya karena kan perut
gombyor...kalau dilepas gitu aja.. malah sakit.. jadi kalau dikasih stagen
agak tertahan kita mau gerak2 lebih tenang gak gombyor2.  untuk lamanya ya
kalau aku pribadi sih dulu selama cuti hamil.

4. orang jaman dulu melahirkan gak pakai dijahit apalagi di kampung2 gitu,
makanya kalau duduk harus diatur, supaya yang luka sobek itu bisa nutup
dengan baik.  kalau jaman kita ya udah lebih canggih lah... jalan lahir
disobek pakai gunting jadi rata, kalaupun dijahit ya jahitannya gak perlu
diambil.
ada juga sih pengalaman temen yang jahitannya jadi gak karuan, akhrinya
jahit ulang dan sakit... :((

5. makan makanan yang bergizi utk memulihkan kondisi lah...

cuman memang kebanyakan orang jawa seperti saya, bahkan ayah saya sangat
ketat memberikan aturan, karena usia 40 itu rentan buat perempuan, kalau
kondisi setelah melahirkan kita kurang perawatan diri maka tar umur 40-an
kita udah sakit2an.. ya pinggang atau apalah... maklum sy belum umur 40 jadi
blom tahu, tapi ini pengalaman kakak sy.

makanya orang jawa kadang dikasih namanya "pilis" supaya pandangan mata kita
jadi terang juga.... soalnya setelah melahirkan kan pandangan jadi agak
kabur...

mungkin itu saja sih... selama itu baik aku jalani.. tapi kalau gak masuk
logika ya aku tampung saja lah... namanya juga orang tua...