Halo Mbak Ratna....

Imaginary friends untuk anak usia balita malah sangat positif kok
mbak....ketiga anak saya mengalami fase tersebut.

Ima, anak bungsu saya sekarang di tk B, seingat saya mulai memiliki
teman khayal sejak umur dua tahun, pertemanan mereka intens sekali,
sangat-sangat akrab...:), sejak bangun tidur hingga tidur lagi, ada
saja yg diceritakan Ima seputar teman akrab khayalannya...setiap Ima
melakukan sesuatu selalu saja melibatkan setidaknya dua 'teman
akrab'-nya tersebut, seperti layaknya mereka benar-benar ada,,,:))...

Menurut pengamatan saya, keadaan tsb sangat erat kaitannya dengan
mulai berkembangnya kemampuan berbahasa dan sosial anak usia pra tk
(batita).

Positif dan negatifnya apa yang dialami anak tersebut, justru sangat
tergantung pd respon pengasuhan orang-orang disekitarnya (termasuk
juga kakak2nya)

Kami, terutama saya dan kakak2nya, sering merespon celoteh Ima tentang
teman khayalnya dengan semangat yang sama seperti Ima, malahan kami
jadi ikut2n merasa kenal dan dekat dengan teman khayalnya :)), saya
sering sekali memanfaatkannya u merangsang kemampuan verbal,
imajinasi, dan sosial Ima, juga saat yg baik u mulai menanamkan
nilai-nilai baik-buruk kepada Ima dengan menggunakan teman2 khayalnya
sebagai contoh dan alhamdulillah, cara tersebut sangat efektif u
memberikan gambaran sisi ideal yg patut ditiru anak.

Menurut pendapat saya, alangkah baiknya jika dalam setiap fase perkembangan
psikologis anak, kita amati/respon dengan sudut pandang positif saja,
kita jadikan momentum u mengembangkan karakter anak pd nilai2 yang
lebih baik, sediakan saja buku-buku bacaan yang baik sehingga
imajinasi anak juga akan berkembang seiring kebiasaannya membaca buku
(u anak2 balita tentunya buku2 yg kaya visual), mainan2
konstruktif--seperti balok, juga alat2 bermain peran.

Semoga bermanfaat ya, Mbak Ratna...semoga anaknya berkembang menjadi
anak yang sehat dan cerdas.

Terimakasih.

Mom Evy

--