temen SDku juga ada yang Albino, nggak bisa kena panas, klo kena panas
kulitnya meraah seperti udang rebus.. aku copy paste artikel dari
salah satu web ya (sumbernya tertera di bawah artikel)

--------

Albino (dari bahasa Latin albus yang berarti putih), disebut juga
hypomelanism atau hypomelanosis, adalah salah satu bentuk dari
hypopigmentary congenital disorder. Ciri khasnya adalah hilangnya
pigmen melanin pada mata, kulit, dan rambut (atau lebih jarang hanya
pada mata). Albino timbul dari perpaduan gen resesif.
Ciri-ciri seorang albino adalah mempunyai kulit dan rambut secara
abnormal putih susu atau putih pucat dan memiliki iris merah muda atau
biru dengan pupil merah.

ETIOLOGI

Albino adalah kelainan genetik, bukan penyakit infeksi dan tidak dapat
ditransmisi melalui kontak, tranfusi darah, dsb. Gen albino
menyebabkan tubuh tidak dapat membuat pigmen melanin. Sebagian besar
bentuk albino adalah hasil dari kelainan biologi dari gen-gen resesif
yang diturunkan dari orang tua, walaupun dalam kasus-kasus yang jarang
dapat diturunkan dari ayah/ibu saja. Ada mutasi genetik lain yang
dikaitkan dengan albino, tetapi semuanya menuju pada perubahan dari
produksi melanin dalam tubuh.
Albino dikategorikan dengan tirosinase -positif atau -negatif. Dalam
kasus dari albino tirosinase-positif, enzim tirosinase ada, namun
melanosit (sel pigmen) tidak mampu untuk memproduksi melanin karena
alasan tertentu yang secara tidak langsung melibatkan enzim
tirosinase. Dalam kasus tirosinase negatif, enzim tirosinase tidak
diproduksi atau versi nonfungsional diproduksi.

Seseorang dapat menjadi karier dari gen albino tanpa menunjukkan
fenotif tertentu, sehingga seorang anak albino dapat muncul dari orang
tua yang tidak albino. Albino tidak terpengaruh gender, kecuali ocular
albino (terkait dengan kromosom X), sehingga pria lebih sering terkena
ocular albino.
Karena penderita albino tidak mempunyai pigmen melanin (berfungsi
melindungi kulit dari radiasi ultraviolet yang datang dari matahari),
mereka menderita karena sengatan sinar matahari, yang bukan merupakan
masalah bagi orang biasa.

TIPE-TIPE ALBINO

Sekitar satu dari tujuh belas ribu orang menjadi albino, walaupun 1-70
orang adalah pembawa, bukan penderita.

Ada dua kategori utama dari albino pada manusia :
1. Oculocutaneous albinism (berarti albino pada mata dan kulit),
kehilangan pigmen pada mata, kulit, dan rambut.
2. Ocular albinism, hanya kehilangan pigmen pada mata. Orang-orang
dengan oculocutaneous albinism bisa tidak mempunyai pigmen dimana saja
sampai ke tingkat hampir normal. Orang-orang dengan ocular albinism
mempunyai warna rambut dan kulit yang normal, dan banyak dari mereka
mempunyai penampilan mata yang normal.

Tipe lain, yakni :
- Recessive total albinism with congenital deafness
- Albinism black-lock cell-migration disorder syndrome (ABCD)
- Albinism-deafness syndrome (ADFN) (yang sebenarnya lebih berhubungan
dengan vitiligo).
Hanya tes genetik satu-satunya cara untuk mengetahui seorang albino
menderita kategori yang mana, walaupun beberapa dapat diketahui dari
penampilannya.

SIMPTOM DAN KONDISI DIHUBUNGKAN DENGAN ALBINO

Dengan test genetik, dapat diketahui apa seseorang itu albino berikut
variasinya, tetapi tidak ada keuntungan medis kecuali pada kasus
non-OCA disorders yang dapat menyebabkan albino disertai dengan
masalah medis lain yang dapat diobati. Gejala-gejala dari albino dapat
diobati dengan berbagai macam metode.

Umumnya kelainan mata pada penderita albino adalah sebagai berikut :
• Nystagmus, pergerakan bola mata yang irregular dan rapid dalam pola melingkar
• Strabismus ("crossed eyes" or "lazy eye").
• Kesalahan dalam refraksi seperti miopi, hipertropi, dan astigmatisma.
• Fotofobia, hipersensitivitas terhadap cahaya
• Hipoplasi foveal - kurang berkembangnya fovea (bagian tengah dari retina)
• Hipoplasi nervus optikus – kurang berkembangnya nervus optikus.
• Abnormal decussation (crossing) dari fiber nervus optikus pada
chiasma optikus.
• Ambliopia, penurunan akuisitas dari satu atau kedua mata karena
buruknya transmisi ke otak, sering karena kondisi lain seperti
strabismus.

Hilangnya pigmen juga membuat kulit menjadi terlalu sensitif pada
cahaya matahari, sehingga mudah terbakar, sehingga penderita albino
sebaiknya menghindari cahaya matahari atau melindungi kulit mereka.

CARA MENGOBATI SIMPTOM

Albino adalah suatu kondisi yang tidak dapat diobati atau disembuhkan,
tetapi ada beberapa hal kecil yang dapat dilakukan untuk memperbaiki
kualitas hidup. Yang terpenting adalah memperbaiki daya lihat,
melindungi mata dari sinar terang, dan menghindari kerusakan kulit
dari cahaya matahari. Kesuksesan dalam terapi tergantung pada tipe
albino dan seberapa parahnya gejala. Biasanya, orang dengan ocular
albinism lebih mempunyai pigmen kulit normal, sehingga mereka tidak
memerlukan perlakuan khusus pada kulit.

Pembedahan
Biasanya, pengobatan untuk kondisi mata terdiri dari rehabilitasi
visual. Pembedahan mungkin untuk otot mata untuk menurunkan nystagmus,
strabismus, dan kesalahan refraksi seperti astigmatisma. Pembedahan
strabismus mungkin mengubahan penampilan dari mata. Pembedahan untuk
ni
materi referensi:
http://www.answers.com/topic/albino?cat=…
http://en.wikipedia.org/wiki/Albino