From: boedoet <boed...@gmail.com>
Date: Fri, 16 Apr 2010 09:17:48
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Subject: Re: [balita-anda] Gimana Caranya Menghilangkan Kebiasaan???
Dear mbak Susan,

kebiasan gigit kuku saat anak2 bisa jadi merupakan manifestasi dari bentuk
stress, bosan, atau untuk menenangkan diri sendiri. Kebisaan ini sebagian
besar akan hilang dengan sendirinya.. tapi memang sebaiknya kita coba untuk
nyetopnya..

potong kuku anak sampai pendek sehingga gak ada lagi yang bisa digigit...

coba mbka susan kenali pada saat apa dia mulai menggigit kuku... misalnya
pas sambil nonton? atau pas lagi di mobil (karena emaknya suka nyetir
nyampah ngesot2 barangkali...), atau apalah... saat itulah kita kasi sesuatu
yang bisa ngalihin perhtian anak dari gigit kuku... misal, dikasi boneka
atau permainan tangan lainnya..

dan kunci terakhir yg bisa saya sharing disini, adalah kekrapan kita
mengingatkan agar jangan gigit kuku... maksudnya... kasi tau aja dengan
santai, tapi terus menerus... ini terbukti lebih efektif dibanding kita
negurnya dengan heboh tapi hanya beberapa kali aja...

sekian, semoga bermanfaat....

*ngelap keringet*

-b-