Kalau ngga salah yaaa

Ikat itu, disteril dengan cara diikat saluran tuba nya, tapi selalu ada
kemungkinan akan terbuka dan hamil lagi.

Potong itu, saluran tubanya dipotong kemudian diikat, dengan harapan
kalaupun terbuka dikemudian hari, maka jarak antara ovarium ke tuba
tidak memungkinkan telur untuk masuk ke rahim...

Seandainya ibu memilih di steril ikat maupun potong, jika ingin hamil
lagi, maka harus melakukan operasi pembukaan/penyambungan lagi... tapi
kemungkinan berhasil tidak bisa dijamin 100%...DSOG saya, termasuk
dokter di Indonesia yang bisa melakukan penyambungan ini.

Nah, kalau disteril karena ingin KB saja sementara, dan tidak mau pake
alat kontrasepsi yang ada, sebaiknya pilih ikat saja

Tapi kalau disteril karena kondisi medis yang akan membahayakan bila ibu
hamil lagi (Caesar tiga kali, umur, riwayat hamil dsb), lebih aman
dengan steril potong.

Tapi biasanya dokter tidak mau melakukan steril cara ini apabila ibu
masih dalam usia muda.... biasanya dokter mau kalau sudah diatas 35th
dehh dan sudah tiga kali melahirkan secara caesar...

cmiiw ya..... mungkin ada parents lain yang bisa memberikan penjelasan
lebih bagus lagi....

Cheers!