G papa mbak...mungkin Habibi punya kelebihan di unsur yang lain. Misal gigi
numbuh duluan, atau jalan duluan. Tiap anak beda-beda perkembangannya, dan
sepertinya kalo anak cowok emang cenderung lebih lama berbicara daripada
cewek ya ( itu si asumsi aku aja, dilihat dari lingkungan selama ini ).
Untuk melatih bicaranya , mungkin bisa dicoba beberapa cara ini : ( di ambil
dari eramuslim / konsultasi / anak luar biasa )
1. Memberikn kartu / gambar-gambar dan mengajak si kecil mengulang
menyebutkan gambar yang dilihatnya.
2. Mengajarkan A I U E O dengan ucapan yang jelas dan benar, belajar meniup
lilin. Stimulasi seperti ini yang dilakukan secara berkesinambungan akan
baik untuk pelatihan si kecil.
3. Kalo Habibi minta sesuatu..coba ajak Habibi menyebutkan mau apa, jangan
diturutin jika dia hanya menunjukkan barangnya saja. Sehingga Haibie
terlatih untuk mau berbicara.
4. Sering-sering di ajak cerita dan komunikasi lainnya. Diajak
bersosialisasi dengan teman sebaya juga bagus kok, yang penting diawasi aja
mbak.
5. Minimalkan games/ tontonan seperti komputer yang lebih mengutamakan
monolog.

Bahkan dulu ponakanku dibawa ke terapi di daerah Senen...disana latihannya
meniup lilin, membolak balikkan permen di mulut dengan lidah, menjilat es
krim, teriak-teriak dengan mengucapkan A I U E O. Disana...satu anak
dipegang satu guru didalam satu ruangan.
Moga membantu ya mbak.

Thanks & Regard

Tri Puji Rahayu
PT. MNC Sky Vision