Dear mba,

Untuk urusan PRT memang gampang2 susah ya.
Kalau aku pribadi sih malah gak pernah ajak nyalon bareng heheh tapi kalau
si mbak butuh potong rambut ya saya kasih uang buat potong rambut.

Kalau saya kebetulan menjelang puasa saya pasti tanya kalau si mbak balik
atau gak, nanti kalau dia balik maka gaji akan saya naikkan 10%, dan uang
transport saya ganti. tapi pas di balik. Dan sejauh ini selama 3 th ini si
mbak di rumah tepat janji. namun hubungan yang demikian gak bisa terjalin
begitu saja sih mbak.

Kalaupun PRT yang ikut sudah baik, kita juga tidak bisa berharap dengan kita
kasih duit mereka akan balik ke kita. Karena nyaman atau tidak nyamannya PRT
ikut di rumah kita kan gak bisa diukur dengan uang.

Saya pribadi ya untuk THR saya kasih proporsional. kalau 1 th penuh ya saya
kasih 1 kali gaji. Nah alhamdulillah si mbak udah ikut saya 3 th, saya juga
deg2an kalau dia mau nikah. tapi ya pas ditanya dia bilang bakal balik,
cuman tetep aja saya juga musti siap2 jika dia gak balik.

Biasanya kalau saya terkadang si mbak itu pinjem uang dengan mengambil gaji
di awal bulan (misalnya) utuk ibunya di kampung, atau pas adiknya sakit dia
pinjem uang nanti dipotong gaji berikutnya cicil. Itu hal biasa buat saya
dan si mbak, selama memang buat keluarganya, bukan buat pacarnya
hehehhe....jadi ya kedekatan emosional dengan empati mungkin lebih
diutamakan ya bukan dalam hal kita ajak jalan2 trus mereka seneng belum
tentu. dan jangan pula kita berlebihan memperlakukan si mbak takutnya dia
juga akan ngelonjak dan tahu kita butuh banget. Proporsional saja.

Kalau mereka melakukan kesalahan kan biasanya kita juga ngomel, tapi ya
jangan berlarut2. Trs sebaiknya kita ya komitment di awal, sistem di rumah
gimana? dan kita sebagai majikan maunya gimana, dari awal dikasih aturan.
saya yakin melenceng dikit2 dan banyak, nanti kalau nemu yang cucok dengan
budaya di rumah kita, pasti si mbak akan betah.

Maaf kalau gak membantu banyak.

Kirim email ke