Dear Mbak Ferry,

Aku enggak begitu mengerti ya mengenai efek bermain pistol2an apakah membuat
anak menjadi berfikir untuk menembak dalam arti sebenarnya seperti layaknya
orang dewasa (yaitu untuk membunuh/menyakiti), sebetulnya aku juga concern
dan agak takut dengan permainan pistol2an sehingga akupun enggak membelikan
mainan pistol2an utk anak laki2 kembarku (3th), dulu parno
banget awalnya sewaktu mereka bertiga dengan papah-nya pura2 main tembak2an
pakai pisang atau rangkaian rel kereta api yg berbentuk bengkok, pakai
guling dll..  mau marah mereka lagi asik bgt smp ketawa geli banget.. tp
pada akhirnya aku merubah pola fikirku untuk tidak terlalu kaku mengenai
masalah ini dan malah mulai untuk berfikir bisa jadi cara ini menjadikan si
cowboy kembar juga berfikir pistol itu hanya alat permainan, seperti halnya
pedang2an busa yang hanya untuk di adu2 bukan untuk maksud menyakiti si
pemegang pedang.. (ga pernah beli'in juga sih, mereka biasanya pakai
penggaruk punggung kakeknya hehe..)

Tp terus terang aku ada sedikit mulai mikir kontra jg, maksudnya sedikit
khawatir kalau malah mereka jadi mikir pedang/pisau tidak berbahaya sama
sekali krn udah biasa buat mainan.. nah untuk hal satu ini aku sendiri cuma
bisa lakukan close monitor dan extra ceriwis, misalnya saat mereka berada
didapur (saat ini getol banget ikut2an semua kegiatan mamahnya didapur, "mau
bantu" gitu alesannya) bahwa hanya hal2 tertentu saja yang bisa mereka
sentuh dan dekati (terutama pisau dan kompor krn berbahaya bisa berdarah
atau melepuh dgn bahasa versi mereka tentunya)

maaf ya mbak, ga bisa bantu malah cerita sendiri, mudah2an Mbak Ferry
menemukan cara terbaik untuk merubah pola pikir si kecil mengenai pistol2an,
mungkin awalnya diperhatikan dulu seperti apa sih gaya bermain pistol2an si
kecil dengan temannya itu..

Salam,
Utami
(Mama Farsha-Farrel & calon adek bayi yg mau lahir besok)

--
Thanks & Best Regards,

Kirim email ke