hi mbak Ani,

Setuju dengan sharing-nya jeng Lif & pak Arief  :)

Kalau saya baca e-mailnya mbak, kelihatannya tidak ada yang perlu
dikhawatirkan selain issue:
* anak mbak kok nggak di atas 10 kg beratnya
* anak mbak kok minum susunya nggak mau pakai dot

Kalau ada trend grow chart yang diasumsikan 'menurun' atau 'stagnan', coba
tetap cermati beberapa hal:
* timbangan BB yang dipakai apakah tetap serupa
* baru2 ini mungkin sakit sehingga menunkan selera makannya atau ada
* aktivitasnya yang membuat energi yang masuk 'segera dikeluarkan juga' :)
* dll.

Di lain pihak, dia anak yang aktif, nggak susah makan/minum, sedang
asyik-asyiknya belajar berkomunikasi (cerewet), dari grow chart-nya tidak
ada trend penurunan yang significant.  Itu sudah jadi tanda anak mbak normal
dan sehat lho, mbak :)

Btw, anak mbak nggak doyan susu botol justru mempermudah mbak untuk
mengajarnya minum langsung dari gelas .. thank him for that :)
Nggak sedikit lho ortu yang pusing harus mengajar anak2 nya 'say good bye'
dengan botol susunya sementara mereka sudah semakin besar atau malah sudah
mau masuk sekolah :)

Kadang pendekatan kita bisa juga lewat asupan gizi-nya.  Kalau memang makan
minum nggak bermasalah (kuantitasnya) coba 'main' dengan nilai gizinya.  Itu
pun bukan 'otomatis' mengejar target jadi 'gemuk' anaknya.

Dengan observasi kita terhadap grow chart-nya, cermat dengan nutrisi
gizinya, behavior nya yang tidak bermasalah, kita cukup punya modal untuk
'yakin' anak kita bertumbuh sehat dan normal :)

Yang terpenting, "how our children grow, not just how much" .. :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

<deleted>

Kirim email ke