Mbak, saya waktu itu harus dicaesar saat melahirkan anak pertama karena bayinya
tidak mau turun dan denyut jantungnya sudah lemah. Lalu ceritanya waktu anak
pertama saya berumur 1,5 tahun, saya hamil lagi. Sudah diwanti-wanti oleh
dokter
kalau saya pasti akan melahirkan caesar, tapi dasarnya saya bandel, saya
tanyakan apakah bisa saya melahirkan normal dan dokternya menjawab bisa saja,
tapi saya harus nurut ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam persalinan
VBAC (Vaginal Birth After Caesarian).

Menurut sang dokter, berat badan saya tidak boleh naik banyak cukup 10 - 11 kg
karena dikhawatirkan bayinya nanti lebih besar daripada kakaknya dan itu akan
menyulitkan proses kelahiran. Lalu kalau nanti dokternya bilang kalau saya
tetap
harus caesar, saya juga harus nurut jadi tidak boleh memaksakan kehendak. Dan
melahirkan VBAC itu jauh lebih sakit daripada melahirkan normal di jaman modern
ini, karena jaman sekarang Ibu bisa diinduksi sehingga pembukaannya jadi lebih
cepat atau bisa juga diberi obat penahan nyeri, pada persalinan VBAC hal-hal
seperti itu tidak diperbolehkan proses kelahiran harus berjalan sealami
mungkin.
Pengalaman saya dari bukaan 8 sampai 10 saja memakan waktu 4 jam, dan itu sakit
sekali....

Dan tentu saja semua hal yang wajib dan pantang selama kehamilan harus dituruti
seperti makan bergizi, gak boleh terlalu lelah, olah raga ringan, dll.

Tapi setelah saya merasakan keduanya, ternyata melahirkan caesar dan normal
sama-sama sakit... dan juga tidak membedakan rasa cinta saya dengan kedua anak
saya. Jadi santai saja yah mbak, banyak berdoa mudah-mudahan kehamilannya
lancar.

Semoga membantu
Terima kasih

Mey