nambahin pengalaman juga...

anak saya dua2nya lebih suka menyusu payudara kanan.. krn yang kiri pd awal
melahirkan putingnya datar n pecah.. jd anak saya agak sulit menyusu-nya
walao menyusui itu adl breastfeeding bukan nipple feeding tp tetep aja
susah..so, produksi ASI di payudara kiri saya cenderung lbh sdikit...krn
dikluarkannya jg sedikit...

selain PEDE bs menyusui..yg penting lagi perhatikan posisi menyusu ...kdg si
baby krn kurang nyaman posisi n pelekatannya dg payudara maka dia cenderung
ga lama saat nyusu.. akibatnya yg dikluarkan / diproduksi ASInya jg sdikit
krn 'permintaan'nya jg dikit...

yg perlu diINGAT ASI selama disusukan ga pernah benar2 kering/habis di
payudara...paling banyak 90% yg dikluarkan..krn ASI saat disusukan itu
ibarat kita minum dr gelas pakai sedotan n gelas itu dialiri air terus
menerus..air di gelas akan tambah banyak bila yg kita sedot juga banyak..

klo boleh saran... bl sdh berusaha terus menyusui tp tetap merasa kurang
pede atau bingung dg posisi dan pelekatannya..ibu bisa konsultasi ke klinik
laktasi terdekat..

--
Lusika Yuliana - Uci ma2Kavin+Ija
http://oetjipop.mulltiply.com